Mari Melek Teknologi Bersama Androbuntu

By Irsyad Muhammad - 1/01/2019 06:58:00 PM

Sebetulnya saya adalah orang yang tidak ambil pusing dalam menyikapi perkembangan teknologi. Tidak ambil pusing saya lebih kepada selalu berusaha untuk tidak tergiur gadget-gadget terbaru, secanggih apa pun itu. Menurut saya, apa bila kita terbawa arus dengan latah membeli gadget setiap ada keluaran terbaru, maka hal itu tidak akan ada habisnya.


Betapa tidak, teknologi akan terus berkembang dan inovasi tidak akan pernah mati selama manusia masih ada. Mau smartphone yang ditangan kita hari ini adalah smartphone paling baru, paling mahal, dan paling canggih sejagat raya, di saat yang sama, para produsen smartphone lainnya terus mendevelop inovasi-inovasi baru untuk produknya. Dan tebak, besok, smartphone lain yang lebih baru, lebih mahal, dan lebih canggih dari smartphone yang kita punya sekarang akan diperkenalkan ke publik. Begitu seterusnya, dan berlaku hukum yang sama untuk gadget-gadget lainnya.

Untuk itu saya punya trik dalam menyikapi perkembangan teknologi saat ini, dan sebenarnya arahnya bisa ditebak dari apa yang sudah saya jabarkan di atas. Cara menyikapinya simpel saja, waktu yang tepat untuk membeli gadget baru adalah saat gadget milik kita sekarang sudah tidak mampu mendukung aktivitas kita lagi, atau lebih sederhananya saat kita memang benar-benar membutuhkannya. Bisa juga mengarah pada pertanyaan: kalau kita tidak punya, memangnya apa yang bakal terjadi pada diri kita? Kalau jawabannya adalah kita tidak bisa bekerja lagi, atau kita tidak bisa meningkatkan hasil kerja kita lagi, maka jawabannya adalah kita butuh gadget baru. Saya kira itu sudah cukup jelas, atau entahlah, ini hanya cara berpikir saya saja, bisa benar bisa juga salah.

Tidak ambil pusing dalam menyikapi perkembangan teknologi bukan berarti pula ditanggapi dengan masa bodo. Pasalnya, kita sedang berada di era yang menuntut setiap orang untuk melek teknologi, jika tidak ingin tergerus oleh revolusi teknologi itu sendiri. Melek teknologi sendiri bukan berarti kita harus gonta-ganti gadget, melainkan harus paham atau seminimal mungkin tetap mengikuti perkembangan yang ada. Jika tidak, siap-siap julukan gagap teknologi tertuju pada diri kita. Yup, gagap teknologi adalah kebalikan dari melek teknologi. Makanya, sebelum dijuluki gagap teknologi, mari kita pahami dulu apa arti dari teknologi itu sendiri.  

Syukurnya saya bukan tipe orang yang asal-asalan dalam memberikan informasi, oleh karena itu saya akan mengutip pengertian teknologi dari sumber informasi teknologi andalan saya, yaitu dari Androbuntu. Dalam artikel mereka yang berjudul Pengertian Teknologi dan Perkembangannya dari Masa ke Masa, saya mendapatkan beberapa pengertian teknologi menurut para ahli.

Menurut Jackues Ellil, teknologi adalah keseluruhan metode yang rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Sedangkan menurut M. Maryono, teknologi merupakan pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-harinya. 

Kedua pengertian di atas saya kira sejalan dengan cara saya menyikapi teknologi, yang mana pada akhirnya mengarah pada kebutuhan manusia dalam mendukung kegiatan dan kehidupannya sehari-hari.

Dalam artikel tersebut sebenarnya tidak hanya disebutkan pengertian teknologi saja, tetapi bagaimana sejarah dan perkembangannya hingga bisa sampai seperti sekarang ini, pun jenis-jenis teknologi lain yang bukan melulu soal gadget. Tentu artikel tersebut sangat berguna bagi kita yang punya resolusi untuk tidak gagap teknologi lagi di tahun 2019. Artikel lengkapnya klik disini.

Jika artikel tersebut belum cukup, masih penasaran atau masih ingin tahu seputar informasi teknologi lainnya, tidak usah risau dan bingung harus mencari tahu ke mana. Lagi-lagi, satu-satunya sumber informasi teknologi yang bisa saya sarankan adalah Androbuntu. Mengapa? Karena di Androbuntu kalian bisa mendapatkan macam-macam artikel berupa tips, trik, berita dan tutorial seputar teknologi. Artikelnya dari beragam jenis teknologi yang meliputi gadget, game, aplikasi, android, linux, komputer, dan sebagainya. Pokoknya sangat lengkap. Mari saya kasih lihat website-nya atau ketik androbuntu.com di pencarian browser kalian.

Halaman home Androbuntu.com

Jangan beranggapan kalau tampilan website seputar teknologi terkesan ribet dan tidak memanjakan mata. Justru ketika pertama kali dibawa ke halaman home, tampilan website-nya cukup ringan dengan hanya didominasi background putih serta hitam pada bagian headernya.

Untuk isi kontennya jangan diragukan lagi, mulai dari review produk seperti hp dan laptop, tips dan trik dalam membeli gadget, hingga artikel-artikel ringan penambah wawasan seputar teknologi. Buat yang hobi main game dari pagi ke pagi, Androbuntu juga menyediakan artikel seputar game yang kalian mainkan, tidak lupa juga ada informasi seputar aplikasi-aplikasi pendukung gadget kita. Jika ingin menemukan artikel yang lebih spesifik lagi, tinggal ketik di kotak pencarian di kanan atas website. Tenang saja, hampir setiap hari ada artikel terbaru dari Androbuntu.

Review salah satu smartphone
Artikel seputar game
Artikel penambah wawasan soal teknologi
Seputar artikel ringan yang juga menambah wawasan

Saya tidak pernah mengalami kesulitan untuk memahami artikel di Androbuntu karena artikel yang dimuat sangatlah mudah dibaca. Sepenilaian saya, artikel di Androbuntu ditulis dengan penyampaian yang santai namun tetap menyediakan semua informasi yang kita butuhkan. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat penulis di Androbuntu adalah penulis-penulis yang berangkat dari hobi membaca dan menulis seputar teknologi itu sendiri. Buat kalian yang gagap teknologi atau tidak melek-melek amat soal teknologi (seperti saya), saya jamin dengan berkunjung ke Androbuntu kalian jadi bener-bener melek teknologi.

Nah, kalau kalian sendiri merasa sudah melek teknologi, saya kira tidak ada salahnya untuk coba kirim artikel seputar teknologi ke Androbuntu. Iya, benar sekali, Androbuntu memberi kesempatan buat kalian yang hobi menulis artikel teknologi untuk dimuat di Androbuntu. Persyaratannya pun mudah, panjang artikel lebih dari 500 kata dan disampaikan dengan bahasa yang santai dan mudah dimengerti, lalu kirim ke alamat email artikel@androbuntu.com. Untuk informasi lengkap bisa klik di sini. Lumayan buat portofolio tulisan. Untuk ketersediaan honor, saya sendiri belum bisa memastikan, mungkin bisa kontak langsung ke tim Androbuntu (klik di sini). Semoga saja ada honor, biar semua pada berusaha buat melek teknologi. *Ngarep

Oh, iya, seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak martin retak, maka menurut saya masih ada sedikit hal yang menganggu dari tampilan website Androbuntu, yaitu iklan yang ada di dalam kolom artikel. Terkadang, kita harus scroll lebih ke bawah karena di tengah-tengah membaca artikel terselip beberapa baris iklan. Di luar itu menurut saya tidak ada masalah. Semoga Androbuntu tetap dan selalu mengedepankan kenyamanan pembacanya, sehingga membantu kita untuk bisa lebih melek teknologi lagi. Bagaimana, sudah tahu kan bagaimana cara agar tidak gagap teknologi lagi? 


Buat yang mau beli gadget baru, sila cek dulu ke Androbuntu apakah gadget tersebut sesuai dengan kebutuhan kita sekarang, atau jangan-jangan kita cuma lapar mata saja. Semoga dengan membaca artikel di Androbuntu pengetahuan soal teknologi kita bertambah dan kita jadi tahu bagaimana memanfaatkan teknologi untuk menunjang aktivitas sehari-hari kita. 

  • Share:

You Might Also Like

20 Comments

  1. Artikelnya untuk lomba, Mas? Dulu ada lomba Androbuntu, cuma saya lupa DL-nya. Kebanyakan begadang membuat saya gagal fokus padahal sidah ikuti persyaratannya. nulis aja yang belum, he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya ikut lomba Androbuntu nih, ceritanya sih mau diem2 gt, tp ketauan wkwk
      Masih ada waktu loh, DL nya 04 januari. Sikatt

      Hapus
  2. Wah baru tahuu. Lumayan nih nambar referensi bacaan tentang techno yang indonesia. Huehehe.

    BalasHapus
  3. saya baru dapat referensi baru seputar perkembangan teknologi nih.
    siap, bakalan saya akses nih andobuntunya. hehe

    BalasHapus
  4. Teknologi semakin lama semakin berkembang saja, apalagi adanya website yang seperti ini.. membantu banget buat update seputar teknologi

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran, segera meluncur ke Androbuntu setelah meninggalkan jejak disini :)

    Semoga menang komoetisinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sila meluncur mas, mana tau lg mikir2 mau beli gadget baru hehehe

      Hapus
  6. loo kok sama? saya juga sering cek spesifikasi di androubuntu,, bahasannya lengkap dan menyeluruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti melek teknologi banget nih sering mampir di androbuntu :)

      Hapus
  7. Boleh dicoba. Sumber bacaan baru.

    BalasHapus
  8. Makasih, Mas sharingnya...jadi mudah dipahami ya

    BalasHapus
  9. Kata-kata akan terasa lebih mudah dicerna bila penyampaiannya sederhana alias ga njlimet. Mau lihat ah artikel di Androbuntu kayak apa sih. Namanya antik nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba nurul, kadang saya udah keburu pusing duluan kalau liat review2 gadget di web2 sejenis yang lain, ribet banget. Kalau androbuntu mah simpel, mudah dipahami, terus informasi yang kita mau dapet banget

      Hapus

Sila tinggalkan komentarnya.