3 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan Traveller untuk Memajukan Pariwisata Indonesia

By Irsyad Muhammad - 2/22/2019 09:30:00 AM

Aceh Besar. Sumber: dok. Pribadi

Perkembangan sektor pariwisata yang pesat adalah salah satu ciri negara yang sudah maju. Indonesia sebagai negara dengan keindahan alam luar biasa dan kebudayaan yang beragam tentu sangat potensial untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan negara.


Hal ini didukung oleh gaya hidup manusia modern saat ini yang sudah mengalami pergeseran. Dulu, mungkin aktivitas liburan selalu dinomor sekiankan setelah kebutuhan pokok terpenuhi, sekarang liburan atau traveling sudah menjadi kebutuhan prioritas terutama bagi kaum milenial.

Untuk itu, tidak ada salahnya para traveller bisa ikut memberikan sumbangsih kepada pariwisata Indonesia agar lebih berkembang. Sumbangsih tersebut tidak perlu muluk-muluk: bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Setidaknya, ada tiga hal sederhana yang bisa dilakukan traveller agar dapat berkontribusi dalam mendukung sektor pariwisata Indonesia. 

1) Dimulai dari Bangga Menjadi Orang Indonesia
Iya, ini adalah hal sederhana pertama sekaligus paling mendasar. Dengan bangga menjadi orang Indonesia, kita pun selalu antusias untuk menelusuri seluk-beluk daerah di Indonesia. Dengan bangga menjadi orang Indonesia pula, kita selalu punya motivasi lebih untuk mempelajari budaya-budaya di Indonesia.


Sumber: hipwee.com

Selain itu, jika traveller sudah bangga menjadi orang Indonesia, destinasi traveling yang diutamakan pasti destinasi yang ada di Indonesia. Kalau pun punya uang lebih untuk traveling ke luar negeri, kebanggaan menjadi orang Indonesia bisa tercermin dari usaha untuk memperkenalkan Indonesia kepada orang-orang luar negeri. Dengan begitu, traveller dari mancanegara akan lebih tertarik datang ke Indonesia.

2) Menjaga Keamanan dan Keasrian Lingkungan 
Kalau yang ini berkaitan dengan kepedulian lingkungan. Sederhana, tapi sering diabaikan. Benar, menjaga lingkungan adalah hal sederhana yang harus dipegang teguh traveller di mana pun dia berada. 
Sumber: obatrindu.com

Hal sederhana yang bisa dilakukan terkait menjaga lingkungan adalah tidak meninggalkan jejak berupa sampah. Kalau habis mengkonsumsi makanan, sampah lebih baik di simpan sendiri dulu lalu dibuang ketika menemukan tong sampah. Tidak cuma itu, mengutip sampah orang lain dan membuangnya di tempat pembuangan sampah juga adalah hal sederhana yang dapat dilakukan, berpahala pula. 


Terkait hal yang sama, tidak merusak keindahan tempat kunjungan juga patut disadari para traveller. Sesederhana tidak menulis kalimat Sukri love Maimunah di dinding tempat-tempat wisata, misalnya. Tidak merusak keindahan dan keaslian tempat wisata adalah hal yang sangat diapresiasi saat ini. 

3) Mempromosikan Destinasi Wisata di Indonesia Lewat Travelblog.id
Nomor tiga adalah cara kekinian yang sederhana namun sangat efektif. Di era media sosial saat ini, sudah sangat banyak pilihan platform yang tersedia. Salah satu platform paling efektif yang bisa dicoba untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia adalah lewat Travelblog.id. 

Di bawah ini akan saya jelaskan apa Travelblog.id dan apa saja manfaat dengan kita bergabung di platform ini, sehingga teman-teman semua bisa ikut mempromosikan destinasi wisata di Indonesia dengan mudah.

Berbeda dengan platform lain, Travelblog.id adalah web atau blog khusus traveller yang berfungsi sebagai sarana berbagi informasi seputar lokasi, wisata, dan kuliner antar sesama traveller dan masyarakat online dalam bentuk blog maupun vlog. Iya, nggak salah dengar kok, Travelblog.id adalah perpaduan dari blog (artikel) dan vlog (video) di satu platform yang sama namun bedanya khusus buat para traveller. Tentu, menjadi sangat efektif karena platform ini adalah tempat berkumpulnya para traveller untuk berbagi jurnalnya. 

Mungkin teman-teman masih banyak yang belum tahu soal Travelblog.id. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan seperti apa platform khusus traveller ini dan apa manfaat serta kelebihan Travelblog.id sehingga sangat bermanfaat untuk dunia pariwisata Indonesia.


***

Untuk bisa bergabung dan mempromosikan artikel maupun vlog traveling di Travelbog.id, maka terlebih dahulu harus mendaftar sebagai user. Cara daftarnya sangat mudah, bisa dalam hitungan menit lewat akun media sosial facebook atau akun google masing-masing. Setelah masuk, jangan lupa isi data pribadi dengan lengkap. Oh, iya, platform ini gratis loh, jadi siapa saja bisa mendaftar.


Buka user.travelblog.id dan daftar lewat akun Facebook atau Google masing-masing.
Setelah itu isi data diri dengan lengkap.

Dengan bergabung sebagai user Travelblog.id, kita dapat merasakan manfaat yang diantaranya adalah:

  • Bisa berbagi informasi destinasi wisata kepada masyarakat luas, sehingga orang-orang semakin tertarik mengunjungi destinasi wisata di Indonesia
  • Bisa menambahkan foto pada artikel yang dibuat
  • Bisa bantu promosiin vlog traveling kita, dengan copas link video youtube kita ke Travelblog.id
  • Bisa berbagi lokasi akurat tempat wisata dari Latitude dan Longititude yang akan tampil sebagi map di artikel yang dibuat
  • Ada reward poin. Poin akan bertambah dari setiap artikel yang diterbitkan dan poinnya dapat ditukarkan dengan barang-barang keren
Kolom menulis artikel untuk pemilik akun Travelblog.id
Masukkan link vlog dari Youtube kalian
Beberapa hadiah yang dapat ditukarkan dengan poin user, selengkapnya bisa di cek di sini

Tak cuma itu, buat masyarakat umum yang sedang mempersiapkan rencana liburan, mengunjungi Travelblog.id terlebih dahulu adalah sebuah kewajiban. Di Travelblog.id kita bisa mendapatkan segala informasi yang kita butuhkan. Infromasi yang tersedia mulai dari apa saja tempat wisata di suatu daerah lengkap bersama map lokasinya, tempat-tempat kuliner yang maknyus, sampai artikel penambah wawasan seputar traveling. Dengan Travelblog.id, calon traveller nggak akan mati gaya selama perjalanan karena sudah mengantongi segala informasi yang dibutuhkan seputar destinasi tujuannya.


Map di dalam artikel, memudahkan buat yang mau mengunjungi tempat wisatanya

Artikel yang ditulis oleh para traveller, melingkupi berbagai lokasi wisata di Indonesia
Ada juga artikel kuliner, nggak perlu takut kelaparan sebelum mengunjungi lokasi wisata tujuan
Berbagai tips dan informasi bermanfaat untuk para atau calon traveller
Bukti rasa bangga kita sebagai orang Indonesia, ada artikel tentang Seni dan Budaya yang dapat dibaca untuk menambah wawasan kita
Nih dia contoh vlog traveling di Travelblog.id
Hampir lupa, Travelblog.id menyediakan infografis yang sangat mengedukasi dan bisa di download gratis di link ini

Jadi, kesimpulan tentang TRAVELBLOG.ID adalah...


Dari segi manfaat untuk masyarakat Indonesia:
  1. Dapat membantu daerah yang tempat wisatanya mungkin belum banyak diketahui orang, padahal bisa saja sangat berpotensi.
  2. Secara tidak langsung membantu perekonomian masyarakat di daerah-daerah wisata, karena Travelblog.id ikut andil dalam mempromosikan destinasi wisata di Indonesia sehingga banyak orang yang ingin mengunjungi tempat wisatanya.
  3. Sebagai wadah silaturahmi, alias tempat berkumpulnya para traveller untuk berbagi kisah dan pengalamannya selama traveling.

Dari segi kelebihan untuk masyarakat yang membutuhkan informasi wisata:
  1. Websitenya sangat ringan dan memanjakan mata, simpel serta fitur-fitur yang ada sangat jelas kegunaannya.
  2. Artikel terkait tempat wisata dilengkapi map, sehingga membantu kita tidak tersesat ketika hendak pergi traveling.
  3. Buat yang lagi males baca artikel, ada vlog traveling yang bisa ditonton.
  4. Cara daftar sebagai user mudah dan sangat cepat.


    ***


    Nah, itu tadi tiga hal sederhana yang bisa para traveller lakukan untuk berkontribusi memajukan dunia pariwisata Indonesia. Tentu tidak sulit untuk bangga menjadi orang Indonesia karena keindahan alam negara ini juga sangat luar biasa, untuk itu kita juga harus mengutamakan daerah-daerah di Indonesia sebagai destinasi wisata kita. Oh, iya, dan jangan lupa pula tetap senantiasa menjaga keamanan dan keasrian lingkungan bumi pertiwi ini. Selain itu, agar lebih maksimal sumbangsihnya terhadap pariwisata Indonesia, tak ada salahnya memanfaatkan Travelblog.id sebagai platform berbagi informasi destinasi wisata terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat.




    • Share:

    You Might Also Like

    51 Comments

    1. Kayaknya emang travelblog ini jadi senjata wajib kalau mau berpergian ke kota antah berantah ya hahahaha..

      Soalnya asik juga ini banyak kontributornya, pasti point of view-nya lebih beragam..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas Andie, wajib bagi yang sebelum berpergian atau setelah pulang berpergian. Kalau sebelum berpergian, cek dulu ada artikel tentang destinasi tujuan kita atau tidak. Kalau setelah berpergian, kita harus promosiin kota antah berantah yang kita kunjungin biar nggk jd antah berantah lagi hahaha

        Hapus
    2. Menurut saya websitenya simpel dan tampilanya menarik, ditulis dari berbagai sudut pandang pula

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sepakat mas amir. Traveller wajib banget sih memanfaatkan travelblog.id

        Hapus
    3. Nah, kalo pun ada orang-orang yg traveling, paling yg susah dilakuin adalah menjaga lingkungan. Kan kesel liatnya, habis pada plesir, yang ditinggalin sampah. Pdhal ada tempat sampah, tapi mungut sampah sndiri aja males. Uffhh....

      *eh malah curcol.

      Btw, aku blm pernah nyoba buka blog traveling itu lho... Jadi penasaran

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalau kesel sama org yg suka buang sampah di tulis di travelblog.id aja kak, sekalian curcol pengalaman waktu jalan2, jdnya kan curcol sambil mengedukasi hehe

        Hapus
    4. Setuju bgt dengan 3 hal sederhana tsb kak, secara kita lah yang harus memajukan pariwisata di Indonesia, apalagi ada travelblog dot id makin mantabbbb

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya kak Joe, travelblog.id makin memudahkan kita buat memajukan pariwisata Indonesia

        Hapus
    5. Setuju banget sama no. 2. Pernah ke suatu tempat wisata dan disana banyak sampah berserakan. Karena emang disana tempat sampah sedikit. Padahal kan sampahnya dikantongin dulu gak susah. Jadi curcol..

      Barusan langsung cus ke travelblog id ternyata udah banyak banget destinasi wisatanya, keren. Gak takut bingung-bingung lagi kalo mau traveling..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wahh yg kayak gt jangan di contoh mas Galuh. Bener tuh simpen aja dulu sampahnya baru ntar di buang

        Keren nih masnya udah langsung cus ke travelblog.id, kalau mau traveling makin mudah dong

        Hapus
    6. Belum pernah buka.
      Nanti deh sekali-sekaLi akan dicoba
      Makasih recomnya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Langsung ke tkp aja kak, mana tau jd punya inspirasi mau jalan2 ke mana hehe

        Hapus
    7. Wah, menarik sekali. Kemarin juga dapat email tawaran menulis di travelblog.id. Tapi oh tapi ngisi blog sendiri aja sekarnag mulai berkurang karena harus nulis buku..kayaknya belum kepegang kalau harus ngisi yang lain...hiks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah keren mba dapat tawaran nulis dari travelblog.id
        Keren sih udah jadi penulis beneran hehe

        Hapus
    8. ((sukri love maimunah)) --> ngakak aku sejadi-jadinya pas baca soal ini. Ya betul, kadang meskipun ukiran-ukiran cinta di tempat wisata sukses bikin kita terpingkal-pingkal, ada baiknya juga untuk menjaga tempat wisata dengan tidak merusaknya sama sekali.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha iya tuh kan kita sering ketemu yang beginian di tempat2 wisata. Kadang keganggu aja, makanya kita harus menjaga keindahan tempat jg dgn nggk coret macem-macem

        Hapus
    9. Wahhh amntep banget nih, nulis bisa dapet hadiah yang keren keren..

      BalasHapus
    10. Wah.. kapan2 meluncur ke situs ini deh. Tapi lbh sip lagi andai tiket juga bs bersahabat

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wahh kalau ini kita serahkan aja ke pemerintah kak hehe
        Semoga tiket cepet murah deh

        Hapus
    11. Sekarang jadi tau kalo mau jalan-jalan nyari review nya dmna. ☺

      BalasHapus
    12. Baru tau nih info tentang trafelblog.id, makasi infonya ya

      BalasHapus
    13. Keknya bener, bisa dituker tiket traveling juga nggak ya? Wkwkwkwk

      Mayan nih, mending tuker barang daripada tuker angpao yg 'gak seberapa' hahaha

      #monmaapbloggermataduitannumpanglewat hahaha

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bener dong mas bisa dituker, masa boong hehe.
        Bener tuh, barang lebih keliatan dan fungsinya juga jelas, apa lagi di travelblog.id poin yg ditukar pasti jadi barang2 traveling keren

        Hapus
    14. Baru tau ada blog yang membahas tentang tempat wisata dengan banyak kontributor.pasti lebih komplit ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Komplit banget kak yanti, karena kontributornya banyak pasti banyak jg jurnal tentang tempat wisatanya

        Hapus
    15. Menarik nih secara blog saya jg tentang jalan2 bisa nemu tempat baru kalo ada ini

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wahh kalau kayak kak desy pasti cocok banget lah buat jd kontributor di travelblog.id, apa lagi memang hobi jalan2 hahaha

        Hapus
    16. saya sempat dikirimi email oleh team travelblog id cuma karena saya ga nulis tentang travelling ya ga dibalas. Memang sih isi emailnya hanya tawaran untuk bergabung, dan yang paling menarik adalah sistem rewardnya. Ini salah satu media yang bagus untuk memperkenalkan Indonesia dan refrensi travelling buat para pelancong

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kali aja bisa nulis cara mengelola finasial untuk para traveller, kan bisa masuk di rubrik tips dan info. Mantep tuh
        Nah, sistem rewardnya emang bagus banget, jd para traveller lebih tertarik lg buat promosiin destinasi wisatad lewat travelblog.id

        Hapus
    17. selamat menulis ya mas di travelblog

      BalasHapus
    18. Menjaga keasrian lingkungan itu sepertinya yang sudah.

      BalasHapus
    19. Hmm.. Sebenarnya ngeblog dan membagikan pengalaman travelling sudah cukup untuk mengenalkan masyarakat mengenai wisata di Indonesia...

      Tapi kehadiran Travelblog.id juga semakin membantu promosi wisata Indonesia juga..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas, apa lagi travelblog.id memberikan reward bagi yang ikut mengisi artikel di sana

        Hapus
      2. Bagus itu strateginya, supaya yang nulis semakin semangat..

        Hapus
    20. Mari lakukan hal kecil untuk mengenalkan pariwisata diindonesia dengan sharing artikel artikel yang oke ke social media kita

      BalasHapus
    21. salah satu cara untuk mempromosikan wisata nusantara ke luar negeri maupun domestik.. sukses terus travelblog.id

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa jadi cara alternatif yang keren kalau nulis di travelblog.id :)

        Hapus
    22. Saya tak punya tulisan mengenai travelling, belum bisa jalan-jalan jauh meski ingin. Belum bisa daftar atuh. Tapi tak mengapa, tetap bisa beroleh info di travelblog id. Terutama kulinernya kalau saya lagi ingin cuci mata, ha ha.. Asyik, di satu tempat ada beragam pilihan. Lokasi wisata sampai kulinernya. Memang benar generasi zaman 7elarang senang menjelajah serta menjadikan tempat wisata sebagai bagian dari gaya hidup. Pelesiran itu bukan sekadar jalan-jalam saja, ada sensasi beroleh pengalaman baru. Juga bahwa hidup kita bisa diisi untuk mengenal wilayah lain dari kehidupan yang biasa kita kenal. Bisa tahu budaya serta kekhasan suatu daerah. Yang terpenting lagi bisa didokumentas4kan dalam bentuk tulisan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Benar mba, banyak manfaat yang diperoleh dari travelling, bukan sekadar jalan2 saja

        Hapus
    23. Kebetulan aku dapat email tawaran gabung dari admin Travelblog.id, tapi belum kuambil tawarannya.
      Yuk kita bantu pariwisata Indonesia makin didatangi turis mancanegara dan bantu memajukan sektor pariwisata.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wahh kalau mas Hima ini kan traveller banget, cocok lah jd kontributor Travelblog.id

        Hapus
    24. Wah baru tau kalo kirim artikel di travelblog.id bisa dapet point. Itu kirim artikel tiap hari lama lama pointnya bisa dituker kamera ya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya kak, makin sering nulis di sana, makin nambah poinnya, hadiahnya juga makin keren2 kalau poin makin banyak

        Hapus

    Terimakasih sudah mampir di irsyadmuhammad.com. Sila tinggalkan jejak dikolom komentar, terbuka pula untuk saran maupun kritik. Setiap yang meninggalkan jejak akan saya kunjungi balik blognya. Salam damai dan happy blogging.