Menghadapi Peralihan Sistem Pendidikan Bersama Ruangguru

By Irsyad Muhammad - 5/18/2019 11:45:00 AM

pexels.com
Menurut saya, era pendidikan saat ini sedang masuk dalam masa peralihan. Peralihan seperti apa? Peralihan dari era yang dulunya masih tradisional, menuju ke era dengan penggunaan sistem teknologi digital yang semakin intens. 

Dulu, kalau mau ujian di sekolah, murid harus membawa "alat perang" berupa bolpen, pensil, dan kroco-kroco pendukungnya. Sekarang, perlahan sistem ujian sekolah sudah mengarah ke ujian yang berbasis teknologi atau komputer. 

Memang belum semua bentuk ujian sekolah yang sudah berbasis komputer, tetapi, di tahun 2019 ini saja, UN atau Ujian Nasional sudah beralih nama (dan sistem) menjadi UNBK alias Ujian Nasional Berbasis Komputer. Seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun ini pun demikian. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang tahun-tahun sebelumnya masih ujian menggunakan kertas, saat ini juga sudah beralih ke sistem ujian berbasis komputer atau yang nama resminya disebut UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer).

Bagus memang, bahwa pendidikan kita juga harus menyesuaikan perkembangan zaman yang saat ini berlangsung. Tetapi, tetap ada tantangannya.

pexels.com

Dalam masa peralihan seperti ini, ada ketidaksesuaian metode belajar yang rutin digunakan murid di sekolah dengan metode ujian yang harus mereka hadapi. Kita semua tahu kalau ujian itu sendiri dimaksudkan untuk mengetahui sejauh apa pemahaman mereka selama mengikuti proses belajar mengajar. Saya tidak tahu secara rinci apa maksud dan tujuan ujian sekolah yang sebenarnya, tapi saya kira kita bisa sepakat untuk hal yang barusan saya sebutkan tadi. Jadi, katakanlah mereka belajar selama 3 tahun (misalnya untuk SMA/sederajat) dengan buku cetak tebal dan catatan-catatan, tetapi, ujian penentuan mereka di akhir masa sekolah justru menggunakan komputer. Itu yang saya sebutkan sebagai ketidaksesuian metode belajar dengan sistem ujian.

Walaupun begitu, saya bisa mengerti bahwa hal seperti ini wajar terjadi. Tentu saja, kembali kepada fakta bahwa sistem pendidikan kita sedang dalam masa peralihan atau transisi menuju penggunaan teknologi yang semakin intens. Harapannya, nanti akan terjadi penyesuaian secara perlahan melalui perubahan-perubahan kurikulum dan sistem pendidikan yang dirasa perlu.

Ruangbelajar Sebagai Pendukung Sistem Pendidikan Berbasis Teknologi


blog.ruangguru.com


Di Indonesia, ada bimbel (bimbingan belajar) berbasis daring yang sudah menggunakan teknologi pembelajaran yang efektif dan memiliki konten berkualitas, namanya adalah Ruangguru. Saat ini, Ruangguru sudah digunakan jutaan anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Karya anak bangsa ini menjadi bimbel daring terpercaya dan nomor 1 di Indonesia.

Karena berbasis daring, Ruangguru sebagai pendukung sistem pendidikan berbasis teknologi dapat diakses hanya dengan smartphone masing-masing. Aplikasinya dapat diunduh di Play Store dan AppStore. Dari situ dapat pula dilihat betapa Ruangguru begitu mendapatkan respon positif karena rating aplikasinya sendiri sangat tinggi, yaitu 4,7 di Play Store dan 4,8 di AppStore.

ruangguru.com

Rating aplikasi di Play Store


Salah satu produk Ruangguru yang saat ini gencar diperkenalkan adalah Ruangbelajar. Ruangbelajar sendiri adalah bimbel daring yang metode belajarnya menggunakan video belajar beranimasi. Dengan Ruangbelajar, topik mata pelajaran dapat ditonton melalui video belajar menarik dan dipandu oleh Master Teacher terbaik serta berpengalaman di bidangnya. Ruangbelajar pada akhirnya dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sesuai keinginan si penggunanya.

Video belajar beranimasi | blog.ruangguru.com

Setelah menonton video belajar beranimasi, pengguna Ruangbelajar dari Ruangguru ini bisa mendapatkan rangkuman yang bentuknya berupa inforgrafis. Rangkuman infografis ini diberikan agar anak-anak sekolah pengguna Ruangbelajar dapat memahami topik pembahasan dengan mudah.

Rangkuman infografis dari Ruangbelajar | Play Store

Terakhir, untuk mengasah pemahaman pengguna Ruangbelajar, ada simulasi ujian berupa kuis yang dapat dicoba. Nanti, hasil jawabannya langsung dapat dilihat, kalau salah, ada pula pembahasannya. Kuis ini dapat membiasakan anak sekolah untuk mengerjakan soal berbasis teknologi, agar tidak "gaguk" ketika menghadapi ujian sekolah yang sudah mengguanakan teknologi itu sendiri.

Contoh soal kuis | ruangguru.com

Dengan Ruangbelajar ini, orang tua bisa mulai mengenalkan metode belajar berbasis teknologi ke anak-anaknya. Jangan takut, Ruangbelajar bukan hanya tersedia untuk anak SMA saja, tetapi saat ini bisa diakses mulai dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 12 SMA. Beberapa tahun ke depan, mungkin tidak hanya Ujian Nasional dan seleksi masuk perguruan tinggi negeri saja yang menggunakan teknologi, tapi sistem belajar dari SD pun bisa demikian. Jadi, tidak perlu risau lagi menghadapi masa peralihan ini.

ruangguru.com

Untuk yang mau berlangganan Ruangbelajar, ada banyak pilihan paket yang tersedia. Ada yang mulai 1 bulan, 2 bulan, 1 semester, hingga 1 tahun. Biaya berlangganannya pun sangat murah, berkali-kali lipat lebih murah dibandingkan dengan bimbel konvensional yang banyak bertebaran sekarang ini. Kelebihannya, Ruangbelajar dari Ruangguru ini dapat membiasakan anak-anak sekolah dalam belajar menggunakan teknologi. Tunggu apa lagi? Dengan Ruangbelajar dari Ruangguru, semua #PastiBisa menghadapi ujian berbasis teknologi.


  • Share:

You Might Also Like

17 Comments

  1. Wow inovatif yah, kita bisa belajar dimana pun nih. Benar2 memanfaatkan era digital yess bro.

    BalasHapus
  2. Lengkap juga ya fitur aplikasi ruangguru ini. Pasti bermanfaat untuk murid murid saya. Soalnya mereka agak bosan juga kalau materi dan assementnya hanya full text book based.
    Ini berbasis android yaa, kepo nih sama harganya yg bersahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wew kakak guru ya ternyata. Boleh tuh dicek aja di web Ruangguru utk tahu harganya :)

      Hapus
  3. ini da lomba dari ruangguru ya?? wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan lomba kak, tapi emang kerjasama konten :)

      Hapus
  4. Enak ya bg jaman sekarang udh dipasilitasi proses pembelajaran secara Online, coba jaman2 kita "old" seperti sy klo disuruh les malasnya bukan main, krna udh capek belajar di sekolah 😪😪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bg, saya dulu pulang sekolah lanjut les sampe sore, di rumah teparr dahh wkwkw
      Sekarang belajar mah lewat hp doang

      Hapus
  5. Belajar di mana pun dan kapan pun ya..
    karena didukung Teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, teknologi sudah membantu aktivitas manusia :D

      Hapus
  6. inilah enaknya hidup di era digital ya.. semuanya jadi dipermudah..
    keren ruang guru ini, bisa belajar dimanapun dan kapan pun..

    model nya juga keren, i iqbal #eh :D

    BalasHapus
  7. Belajar sekarang udah bisa onlen, keren banget dah

    BalasHapus
  8. wah bisa jadi andalan juga nich ruangguru.com untuk anak

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir di irsyadmuhammad.com. Sila tinggalkan jejak dikolom komentar, terbuka pula untuk saran maupun kritik. Setiap yang meninggalkan jejak akan saya kunjungi balik blognya. Salam damai dan happy blogging.