Belajar jadi Lebih Menyenangkan dengan Video Belajar dari Ruangguru

By Irsyad Muhammad - 5/23/2019 12:07:00 AM

Saya selalu menganggap pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk kehidupan saya, baik di masa sekarang maupun di masa depan. Jadi, saya nggak pernah mau main-main kalo urusan belajar. Akan tetapi, belajar dan memahami materi pelajaran itu gak semudah membalikkan telapak tangan.

Waktu sekolah, meskipun saya selalu memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran di kelas, saya masih saja menemukan kesulitan dalam memahami suatu materi. Dan parahnya lagi, saat saya mau coba review pelajaran di rumah dengan membaca ulang materi di buku, yang ada baru 5 menit udah ngantuk. Pasti banyak yang merasakan seperti itu. Di satu sisi, keinginan saya untuk paham materi pelajaran cukup kuat. Bukannya apa, terus terang kalau membaca dan memandangi buku sepanjang hari cukup membosankan.

Karena itulah saya cukup iri (iri dalam makna yang positif, lho) dengan anak-anak sekolah zaman sekarang. Semakin majunya peradaban dan teknologi, cara belajar pun sudah berubah menjadi lebih mudah dan jauh dari kata membosankan.

Sumber: ruangguru.com

Betapa tidak, sekarang sudah ada video belajar dari Ruangguru yang dapat memudahkan anak-anak sekolah dalam memahami pelajaran. Menurut saya, ini adalah cara yang sangat efektif untuk belajar. Dengan menonton video belajar, pasti akan merasa sangat enjoy dan tidak merasa ngantuk saat menontonnya. Saya pun tahu, ada jutaan anak sekolah di Indonesia yang sudah berlangganan video belajar dari Ruangguru. Dan yang bikin saya benar-benar suka dengan video belajar Ruangguru adalah beberapa hal seperti berikut:

  1. Praktis
Kalo masalah praktis, nggak perlu ditanya lagi kenapa. Pastinya belajar dengan video belajar itu bisa dimana saja dan kapan aja. Nggak perlu seperti pergi ke tempat bimbel (bimbingan belajar) dan duduk belajar di kelas sama halnya seperti di sekolah.

  1. Tidak memerlukan biaya mahal
Nggak perlu khawatir soal harga. Bahkan, bisa dari uang saku sendiri tanpa minta lagi ke orang tua. Mulai dari 350 ribu, sudah bisa langganan video belajar di Ruangguru.

  1. Belajar jadi menyenangkan dan santai
Cara belajar jadi menyenangkan berkat video belajar Ruangguru. Nggak merasa ngantuk bahkan untuk berlama-lama menonton beberapa video materi pelajaran, itu karena video yang disajikan menggunakan animasi yang sangat menarik dan mudah dimengerti. Oh, iya, videonya akan dipandu sama tutor yang berpengalaman dari Universitas negeri terbaik di Indonesia.

Cara belajar dengan video belajar Ruangguru | Sumber: aplikasi Ruangguru

Saya jadi berandai-andai, jika dulu saya berlangganan di Ruangguru, pasti sama sekali tidak ada lagi masalah dalam belajar. Saat mau menguji pemahaman suatu materi yang sudah dipelajari, Ruangbelajar dari Ruangguru bahkan juga menyediakan banyak sekali latihan soal beserta pembahasannya.


Satu lagi yang menurut saya paling bermanfaat dengan ikut berlangganan Ruangguru, adalah ketika mau ujian di sekolah. Saya yakin, pasti nggak perlu lagi khawatir untuk ujian karena sudah punya banyak materi yang bisa didownload dari Ruangguru. Dengan begitu, bisa nonton video belajar dan mengerjakan latihan soal sekaligus, sehingga mempertajam pengetahuan dan benar-benar menguasai semua pelajaran. 

  • Share:

You Might Also Like

18 Comments

  1. RuangGuru terobosan yang bagus di dunia digital bidang pendidikan, gadget ga selamanya buruk untuk anak sekolah, bisa dimanfaatkan buat adik2 untuk belajar dan mereview pelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang. Jadi orang tua nggak pada cerewet lg kalau anaknya main hp mulu, toh dilakukan anaknya belajar dari hp .
      Heuheu

      Hapus
  2. iya mas, saya juga iri dengan anak jaman sekarang. Sarana belajar mereka benar-benar dimudahkan, tapi ironisnya distraksi belajar juga ikutan mudah. Banyak yang lebih milih download game ketimbang ruangguru. duh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nantinya bimbel online seperti ini pasti semakin dibutuhkan mas, mungkin nanti makin banyak yg butuh akses ke bimbel yg mudah dan bisa kapan saja

      Hapus
  3. Wah, inovatif. Memang di jaman digital ini pendidikan juga harus menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman.

    BalasHapus
  4. Dulu perusahaan tempat aku bekerja pernah mencoba bikin terobosan aplikasi pendidikan berbasis smartphone ini lho. Hanya saja kalah tender, jadinya ya ga dilanjutkan.

    Tapi memang konsepnya buruk dan membosankan. Jauh banget kalo dibandingin sama ruang guru yang keren dan informatif ini :D

    -Fajarwalker.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh padahal kalau ada perusahaan yg mau buat jg bagus sih, jd banyak pilihan untuk anak2 sekolahnya, hehe

      Hapus
  5. Inspiratif banget! Emang sistem pendidikan itu harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang visual, textual, ruang guru ini bener bener terobosan yang asik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, dgn begitu anak2 Indonesia tidak anti lagi sama yg namanya belajar

      Hapus
  6. aplikasi macam begini yang dibutuhkan di zaman teknologi semakin canggih :D

    BalasHapus
  7. Benar2 praktis yess kak. Apalagi bagi yang gak terlalu suka baca nih, cocok pke platform ini hehe.

    BalasHapus
  8. Wah, saya harus coba ini. Nilai fisika kimia w jeblok wokwoowkowkwkokw :')

    BalasHapus
  9. Wahhh jadi pengen langganan juga nihh, dari review disini menarik banget buat dipelajari

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir di irsyadmuhammad.com. Sila tinggalkan jejak dikolom komentar, terbuka pula untuk saran maupun kritik. Setiap yang meninggalkan jejak akan saya kunjungi balik blognya. Salam damai dan happy blogging.