Dekat dari Kota Medan, Budayaland Bisa Dijadikan Pilihan untuk Liburan Akhir Tahun

By Irsyad Muhammad - 12/03/2019 03:26:00 PM


Sudah tahu mau liburan ke mana di akhir tahun ini? Budayaland harus masuk list, lho. Kebetulan, kemarin saya berkesempatan untuk datang ke tempat wisata yang asri ini.

Alamatnya ada di Jalan Medan-Tanjung Morawa Km 12,5 Nomor 6, Sumatera Utara. Bagi warga Medan dan sekitarnya yang sudah sering lewat jalan ini, pasti tidak asing dengan restoran yang bernama Budaya Resto. Nah, Budayaland berada persis di belakang Budaya Resto. 

Kalau sudah ketemu Budaya Resto, bisa langsung masuk ke dalam. Parkiran sepeda motor ada di samping Budaya Resto, dan yang membawa mobil bisa langsung parkir di depan gate masuk Budayaland.


Gate masuk Budayaland.


HTM (Harga Tiket Masuk) Budayaland sangat terjangkau. HTM-nya adalah Rp30.000 per orang dan HTM tersebut bisa ditukarkan makanan atau minuman di Budaya Coffee Cabin atau gerai-gerai yang ada di sekitar tempat wisata. Jadi, HTM tersebut tidak akan hangus begitu saja.

Patut diingat, HTM tersebut belum include untuk bermain wahana ya. Untuk bisa mencoba seluruh wahana yang ada di Budayaland, pengunjung bisa membeli VIP Pass seharga Rp 50.000 per orang untuk weekday dan Rp 100.000 per orang untuk weekendPengunjung yang membeli VIP Pass akan diberikan gelang tangan khusus, itu tandanya kita bisa mencoba seluruh wahana yang ada di Budayaland.

Simpelnya sih begini. Pengunjung yang datang bisa memilih salah satu dari dua alternatif pilihan di bawah ini,
  • Membeli HTM saja: bisa ditukar makan dan minum dengan jumlah sesuai HTM, tapi tidak bisa mencoba wahana
  • Membeli VIP Pass saja: bisa mencoba seluruh wahana dan sudah termasuk tiket masuk, tapi tidak bisa ditukar makan dan minum
Gelang jika membeli VIP Pass.

Kenapa harus liburan di Budayaland?


Awal masuk saja, saya sudah disuguhi suasana alam yang asri selagi teduh. Padahal, letak Budayaland sendiri masih dekat dengan daerah perkotaan. Rasanya suasana seperti ini sangat jarang dijumpai di dekat kota besar.

Jika dilihat dari letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Medan (hanya 30 menitan), tempat wisata ini sangat wajib dijadikan alternatif liburan. Sebab, warga Medan dan sekitarnya tak perlu lagi jauh-jauh untuk menemukan tempat wisata yang berkonsep alam seperti ini.


Area yang asri dan teduh.

Tidak cuma keluarga saja, membawa teman-teman juga sangat dianjurkan. Wajar sih, karena semakin ramai akan semakin seru. Banyak wahana dan program khusus yang sudah menunggu di Budayaland.


Berbagai wahana menarik yang bisa dicoba 


Budayaland sendiri memiliki 20 wahana yang tersebar di tanah seluas 15 hektar. Untuk wahananya ada ATV, bebek dayung, becak mini, gokart mini, hand boat, kayak/kano, mini car, nine bot, obstacle run, paint ball, panahan, sampan, sepeda, sepeda mini, tree top, waterball, dan sejumlah permainan tradisional seperti engklek, bakiak dan congklak.

Permainan seperti bebek dayung, kano atau kayak dimainkannya di atas danau yang cukup luas. Pengunjung yang ingin mencoba wahana ini diharuskan memakai pelampung demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.


Nah, satu hal yang saya suka adalah pelayanan yang maksimal dari semua staff Budayaland. Para pengunjung sebelumnya akan diberikan arahan dan diberikan perlengkapan safety sesuai dengan wahana yang ingin dicoba. Staff-staff di sini pun sangat ramah dan sabar melayani para pengunjung. 

Saya sendiri tidak akan menyianyiakan kesempatan mencoba wahana di sini. Wahana pertama yang saya coba adalah ATV. Sebelum bermain ATV, saya diharuskan memakai perlengkapan safety yang sudah disediakan pengelola Budayaland. Helm, pelindung lengan, dan pelindung lutut adalah perlengkapan yang harus saya pakai. 


Safety first, guys.

Dipandu oleh staff Budayaland, saya pun dibawa berkeliling di sekitar area tempat wisata sambil berkendara motor roda empat ini. Mengendarai ATV ternyata sangat menyenangkan. Track yang disediakan khusus untuk jalur ATV sengaja dibuat bertanah dan naik turun, ditambah lagi tanahnya yang becek karena belakangan sedang musim hujan. Seru dan lumayan memacu adrenalin.

Wahana kedua yang saya coba adalah panahan. Wahana yang satu ini tidak akan saya lewatkan karena merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh agama. Hehe. 

Tapi jujur, ini baru pertama kali saya mencoba olahraga panahan. Aih, ternyata tak semudah yang saya kira. Walaupun sudah mendengarkan arahan dari staff yang ada di wahana ini, saya masih belum terbiasa dan masih saja kesulitan. Olaharaga ini sangat mengandalkan konsentrasi dan posisi tubuh yang tepat. 




Wahana selanjutnya adalah paint ball. Sayangnya, saya hanya datang bertiga ke Budayaland, sedangkan untuk mencoba wahana ini minimal harus dua lawan dua alias empat orang. Akhirnya, saya cuma meminjam propertinya saja untuk mengabadikan foto. Hehe, tak apa lah.  

Jika ingin bermain paint ball, perlengkapan yang harus digunakan diantaranya adalah jaket, rompi, dan penutup wajah. Pengunjung yang bermain paint ball harus benar-benar mematuhi aturan yang ada demi meminimalisir cedera akibat terkena peluru.


Bukan, ini bukan Iko Uwais.

Nggak afdol rasanya kalau saya cuma mengulas wahana-wahana yang bisa dimainkan orang dewasa. Ada beberapa wahana menarik yang bisa dicoba untuk anak-anak, diantaranya adalah nine bot, becak mini, mini car, hand boat dan lainnya. 

Buat orang tua, jangan takut membiarkan anaknya untuk bermain. Sebab, para staff Budayaland pasti akan memberikan arahan kepada setiap anak yang ingin mencoba wahana di sini. Keselamatan dan keamanan pengunjung adalah hal yang utama. Anak-anak dijamin betah, orang tua tidak perlu was-was.


Bisa keliling area Budayaland dengan sepeda.


Walaupun main sepedaan, tetap harus dikawal staff dari Budayaland ya.

Becak mini.

Keseruan anak-anak yang bermain mini car.
Tree top.
Beberapa properti permainan tradisional. Ada yang pernah main?

Berinteraksi langsung dengan berbagai macam fauna khas

Tidak cuma wahana untuk seru-seruan saja, Budayaland juga menyediakan berbagai macam fauna yang tujuannya agar anak-anak dapat lebih mengenal berbagai satwa khas. 

Ada fauna apa saja di Budayaland? Di Budayaland kita akan menjumpai dua burung Macau yang bernama Leo dan Rocky, dua kuda poni yang diberi nama Jaka dan Siti, beberapa ekor Sapi Madura dan Sapi Perah yang belum bernama, serta sekolam ikan mas dan ikan patin yang ikannya tak mungkin diberi nama satu per satu (iyalah!). Di sini anak-anak akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung seperti memberi makan sampai animal feeding.


Kolam ikan mas dan ikan patin. Pengunjung bisa memberi makan langsung.

Beberapa ekor sapi madura dan sapi perah.

Ada kelinci juga.

Jaka dan Siti si kuda poni.


Belajar mengenal flora lebih dalam

Di Budayaland, kita juga akan diajak untuk lebih mengenal flora. Salah satu yang saya suka adalah adanya area tanaman hidroponik yang dikelola secara profesional. 

Selain itu ada green farm dan area persawahan terasering. Pengunjung akan diajak ikut pembibitan dan jika beruntung akan ikut diajak memanen secara langsung.


Bunga matahari.

Tanaman hidroponik.



Fasilitas lengkap

Fasilitas di Budayaland sangat lengkap. Ada musholla, kamar mandi, taman, foodcourt jajanan, stall makanan/minuman, sitting area, tenda transparan, dan lain-lain. Pasti betah berlama-lama di sini deh.


Sitting area.


Musholla yang rapi dan bersih.


Ada program khusus setiap hari minggu

Pengelola Budayaland menyiapkan dua program khusus yang hanya ada di setiap hari minggu. Kedua program itu adalah Budaya Farm Tour dan Budaya Special Activity.

Di Budaya Farm Tour, pengunjung akan diajak touring ke area Green Farm serta kegiatan-kegiatan seru lainnya. Budaya Farm Tour akan dipandu langsung oleh tim Budayaland dan hanya ada khusus setiap hari minggu pukul 3.30 p.m.

Untuk Budaya Special Activitiy, di sini pengunjung akan disuguhkan kegiatan interaktif dengan sesama pengunjung lainnya yang meliputi Science Project, Family Quiz & Fun Game. Budaya Special Activity ada setiap hari minggu pukul 4.30 p.m.

Area menuju Green Farm dan beberapa wahana lainnya.
Kebetulan saya datang di hari minggu, jadi ada Science Project dari tim Budayaland.

Budayaland menerima beberapa paket event yang harganya negotiable

Budayaland sendiri memiliki berbagai macam venue yang bisa direservasi untuk berbagai kebutuhan. Jadi, Budayaland menerima reservasi untuk acara pernikahan, prewedding photoshoot atau class photoshoot, family/group/corporate gathering, acara ulang tahun dan berbagai reservasi event lainnya. Budayaland akan memberikan segala macam fasilitas yang dibutuhkan.


Tenda transparan yang bisa direservasi untuk berbagai event.

Ketika saya datang saja, setidaknya saya menjumpai satu kelompok family gathering, satu kelompok anak SMA yang photoshoot untuk buku tahunan, dan satu pasangan yang sedang prewedding photoshoot

Penasaran, saya ikut bertanya tentang prewedding di Budayaland. Ternyata prewedding photoshoot di Budayaland itu gratis, guys. Sebagai gantinya, kita harus wisata kuliner sejumlah 1 juta rupiah untuk makan 10 orang di Budaya Resto. Jadi, worth it sih menurut saya.

Secara umum, berbagai paket event ini sangat negiotiable dari segi harga. Segala macam kebutuhan reservasi anda bisa dinegosiasikan kepada pihak Budayaland. Bagi pengelola sekolah TK atau SD juga bisa membawa anak-anak muridnya untuk field trip di Budayaland.

Jam Operasional Budayaland

Bagi yang ingin merasakan serunya berwisata sambil belajar di Budayaland, bisa datang di jam operasional berikut ini:

Weekday: 10.00 a.m - 7.00 p.m
Weekend: 10.00 a.m - 8.00 p.m

***
Seru dan bikin betah. Itulah yang saya rasakan selama berkeliling dan mencoba berbagai wahana di Budayaland. Dari segi letaknya juga sangat strategis, dekat dengan Kota Medan. Jadi, dari pada bingung mau liburan ke mana akhir tahun ini, Budayaland sangat saya rekomendasikan.


  • Share:

You Might Also Like

28 Comments

  1. wah kayaknya sudah lebih dari 5 tahun enggak balik ke medan. tempatnya kayaknya lumayan lengkap ya. dari bermain sampai pengetahuan tentang tanaman dan bunga ada

    BalasHapus
  2. Bagus banget wahananya ya... Bisa belajar sambil bermain. Harga tiket pun murah dan terjangkau. Bybthe way Jadi pengen naik ATV deh.

    BalasHapus
  3. Wah aku mau tau nih, biaya field trip berapaan dan minimal berapa pax..
    Nanti coba ke sana ah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikontak ke ig mereka kak, yang pasti sangat negotiable

      Hapus
  4. Sepertinya saya kenal sama yg di kandang kelinci itu

    BalasHapus
  5. Mantap2 kali wahana permainannya ya bang, saya jadi mupeng mau main panahan dan main paint ball seru kayaknya tuh :D

    BalasHapus
  6. Ini sih memang pas sekali buat destinasi wisata akhir tahun keluarga. Spot²nya menarik semua nih yg abg foto. Tfs yaaa

    BalasHapus
  7. Kok lengkap kali ya.. Worth it ya biaya segitu menikmati sekian banyak mudah mudahan ada waktu kesana bareng keluarga. Makasi bang infonya

    BalasHapus
  8. Mantap, lengkap bener nih buat liburan sekeluarga. Sayang kemarin waktu di MEdan, belum sempat ke sini.

    BalasHapus
  9. Liburan akhir tahun yang cocok banget nih buat ajak sekeluarga dan menghabiskan waktu dengan berbagai wahana serta makanan yang enak euy. Semoga ada kesempatan kemari dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  10. Dari foto-fotonya mirip dengan situ lembang di bandung.. bisa jadi alternatif tempt wisata

    BalasHapus
  11. ah, keren ada IKO UWAIS nya hahaha .. keren ya Budaya Land, tempat semua wahana untuk semua umur.

    BalasHapus
  12. Is mantap kali ah reviewnya....
    Beneran jadibpenasaran sama budaya land ini

    BalasHapus

Sila tinggalkan komentarnya.