Review Film Knives Out (2019): Drama Misteri yang Benar-Benar Epic

By Irsyad Muhammad - 12/12/2019 11:48:00 PM

Knives Out (2019) | Sumber: imdb.com

Penulis novel misteri terkenal, Harlan Thrombey (diperankan Christoper Plummer), ditemukan tidak bernyawa tepat pada perayaan hari ulang tahunnya yang ke 85. Seorang detektif swasta terkenal, Benoit Blanc (diperankan Daniel Craig), datang menyelidiki kasus kematian sang novelis kaya raya ini. 


Penyelidikan Benoit Blanc tak berjalan mudah. Si detektif harus memecahkan kasus kematian ini di tengah kondisi keluarga Harlan Thrombey yang carut-marut. Karakter anak-anak dan cucu-cucu Harlan Thrombey yang saling mengedepankan ego ditambah perebutan harta warisan sang kepala keluarga yang berlimpah membuat kasus penyelidikan ini jadi lebih runyam. 

Tapi yang jelas, Benoit Blanc merasa ada sesuatu yang aneh dari kematian ini. Mau tak mau ia harus menginterogasi satu per satu anggota keluarga Thrombey tak terkecuali pembantu rumah tangga dan perawat pribadi Harlan Thrombey. Tak ada yang boleh keluar dari rumah sampai kasus terpecahkan.

***
Apa daya, saya harus mengatakan bahwa Knives Out adalah film yang sangat dan terlampau bagus (maaf jika saya berlebihan). Penonton harus fokus menyimak jalan cerita sembari menebak-nebak siapa dalang dibalik sebuah kasus pembunuhan. Knives Out memberikan sensasi luar biasa selama saya duduk di bangku bioskop. 

Tapi, jangan harap ada adegan action dalam film ini. Percayalah, dari awal sampai akhir isinya hanyalah dialog. Walaupun begitu, film ini tetap merupakan film yang sangat wajib buat ditonton. Apalagi buat yang suka baca/nonton Sherlock Holmes pasti sangat mudah menikmati film ini. Atau Agatha Christie? Boleh juga. Pun, Knives Out mengingatkan saya pada film-film misteri tipikal Murder on the Orient Oxpress (2017). Bedanya, Knives Out dikemas dengan lebih fun.

Sumber: imdb.com


Aktor dalam film ini juga bukan sembarangan. Si detektif swasta diperankan oleh Daniel Craig yang merupakan pemeran utama dari serial film James Bond. Ada pula Chris Evans yang merupakan pemeran Captain America dalam serial Avengers. Nilai plusnya, karakter Craig dan Evans dibuat sangat banting dari karakter mereka yang sudah kental di film sebelumnya.

Pemeran-pemeran lainnya adalah Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, Michael Shannon, Don Johnson, Toni Collete, Lakeith Stanfield, Katherine Langford, Jaeden Martell, serta aktor senior Christopher Plummer.


Sumber: imdb.com

Salah satu faktor yang membuat film ini sangat bagus adalah peran dari masing-masing karakter. Penulis film, Rian Johnson, menjadikan karakter anak maupun cucu Harlan Thrombey benar-benar saling mengisi jalan cerita di film ini. Artinya, tidak ada tokoh yang numpang lewat walau cast yang ada lumayan banyak. Bahkan, pembantu rumah tangga keluarga Thrombey yang scene-nya seuprit ternyata punya "fungsi" dalam melengkapi teka-teki di film ini.

Untuk menambah anomali dalam penyelidikan, perawat pribadi Harlan Thrombey yang bernama Marta Cabrera (diperankan Ana de Armas) dibuat punya kelainan khusus. Sang perawat punya penyakit di mana ia pasti akan muntah setiap kali habis berbohong. Belum lagi, Marta Cabrera dianggap tahu apa yang sebenarnya terjadi karena sangat dekat dengan Harlan Thrombey. 

Kesimpulannya sih, cerita dalam film ini sangat padat. Tak ada tokoh yang tidak berkaitan ditambah setiap adegan juga punya sebab-akibat. Ditambah lagi anggota keluarga Thrombey yang masing-masing punya "kegilaan" seakan membuat kita merasa bahwa semua tokoh punya motif dibalik kematian Harlan Thrombey. Ah, ya, ketika menonton film ini, saya sarankan jangan cepat-cepat menyimpulkan siapa dalang dibalik kematian Harlan Thrombey. You know what i mean, lah. Hahaha.

Film ini tidak sesimpel film detektif-detektifan pada umumnya, yang mana kalian pasti mengira alurnya seperti ini: ada kasus pembunuhan, detektif terkenal datang menyelidiki, satu persatu diinterogasi, kasus terungkap, end. Film ini tidak sesimpel itu, Bambank.

Baca juga: Review Film Rumah Kentang (2019), Sebagus Pendahulunya?

Saya bisa memberikan garansi kalau penonton akan mendapatkan kejutan-kejutan dari awal sampai akhir. Ada plot twist yang berhasil membuat saya tercengang. Sejalan dengan itu, kita akan dibombardir dengan twist yang bertumpuk-tumpuk pada akhir film. Reaksi semacam "ohhh", "lah, kok gitu?", atau "ternyata begitu" akan keluar dari mulut kalian berulang-ulang kali.

Tunggu-tunggu, satu lagi yang paling berkesan adalah scene terakhir film ini yang sangat epic. Pokoknya, film ini tidak akan berakhir dengan cepat dan tetap "berisi" dari detik awal sampai detik terakhir. Maksud saya, benar-benar sampai detik terakhir. Silahkan tonton sendiri, deh.  

Apalagi ya yang saya mau ceritakan tentang film ini? So, yang pasti Knives Out sangat berkesan bagi saya. Tanpa mengurangi rasa hormat pada film-film lain yang tayang akhir tahun ini, bagi saya Knives Out adalah film yang tepat untuk menutup tahun 2019. Saya sampai merasa takut kalau saya nonton film lain lagi di tahun ini dan tidak sebagus Knives Out, nanti hyped-nya bisa berkurang. Hehe.

Rating? Hmm. Saya bukan pengamat atau bukan pula kritikus film, saya hanya penikmat. Tetapi, saya berani kasih nilai 9/10 untuk Knives Out. 

Sumber: imdb.com



  • Share:

You Might Also Like

40 Comments

  1. Film yg kutunggu ini,, eh icad dah nonton aje, makasi dek review nya buat ga sabar nonton

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Langsung cuss ke bioskop2 kesayangan mantan bang

      Hapus
  3. Wadaw 9 ya bang dari score 1-10.
    Jadi penasaran ahh. Pengen ngajak suami nonton

    BalasHapus
  4. Begitu lihat Daniel Craig di center of the world (cielah) langsung yakin ini filmnya bagus. Langsung masuk wishlist, semoga segera nongol di catchplay Indihome.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daniel Craig beda banget di sini, agak lawak2 :D

      Hapus
  5. Kalau serial detektif gini pastinya seru ya apalagi yg main berbobot semua, liat di trailernya pun jadi penasaran pgn nonton :)

    BalasHapus
  6. Wow ada Chris Evan. Harus nonton nih. Pengen tau gimana serunya

    BalasHapus
  7. Mas Irsyad berani kasih rating 9/10, itu berarti film ini rekomendasi banget untuk ditonton ya. Cuma memang harus sabar mendengar (atau membaca subtitle), karena melewatkan beberapa dialog di film misteri bisa membuat penonton kehilangan kesempatan untuk memahami kasusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, saya sih rekomandasikan banget. Kalau nonton ini harus serius sih, walaupun siap2 kecewa tebakan kita salah

      Hapus
  8. Kayaknya seru nih filmnya. Ada Daniel Craig. Btw...Christopher Plummer memerankan tokoh yg di awal meninggal gitu, cuma tampil bentar?
    Eh...bikin penasaran aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih tau nggak ya? Hehe, langsung ditonton aja deh

      Hapus
  9. Pas bilang film Knives Out ini gak ada aksinya, baru aja saya ngomong mirip Murder in Orient Express. ternyata bener ya ada mirip-miripnya dengan rasa yang lebih fun. Suka sama film-film kayak gini. Rugi kayaknya kalo kelewat satu scene pun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide besarnya sih mirip, cuma saya rasa Knives Out lebih rumit plus lebih fun plus pemainnya lebih oke (menurut saya)

      Hapus
  10. wah baca reviewnya jadi penasaran nih, kalo ada info nonton daringnya bisikin sekalian dong biar langsung otw nonton.

    BalasHapus
  11. Wuih keren banget pasti filmnya sampe bang arsyad berani kasih nilai 9 dari rate 10. Nontonnya dimana di aplikasi viu ada gak? 😁

    BalasHapus
  12. Salahsatu fakta menarik tentang film knives out ini adalah terbilang sukses secara komersial. Hingga artikel ini disusun, Knives Out telah mengumpulkan pendapatan kotor 132 juta dolar AS (sekitar 1,8 triliun rupiah) dari seluruh dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice info mas. Berarti review saya nggak berlebihan dong?

      Hapus
  13. Bagus nich... buat nonton sendirian...kalau bareng keluarga atau pasangan malah jadi ribet juga...ngebahas didalam jadi ga konsen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nonton berdua, tp di dalam bioskop ternyata banyak yg sendiria. Saya rasa alasannya seperti yg mas bilang

      Hapus
  14. Ini kok mirip sama game bawaan microsoft itu ya mas? Apa bener ya.. Soalnya setiap film yang dicertiakan mirip dengan cara main game itu. Hehe

    BalasHapus
  15. Ya ampiuunnn saking bagusnya film Knives Out ini, sampe² abang reviewerny bilang takut nonton film lain, tkt gk sebagus film ini
    OMG, wajib tonton deh saiyaaa
    ... Tfs Bg Irsyad

    BalasHapus
  16. Hwaa aku jadi pengen nonton sendiri film Knives Outnya nih. Penasaran kalau filmnya berhubungan dengan pemecahan kasus. Apalagi ini jajaran pemainnya gak main-main ya :)

    BalasHapus
  17. thx mas, dah kumasukian di list ku buat tontonan wrrkend ini

    aku emg paling suka genre drama dab film yang bikin penasaran dan mikir,, ya detektif2an gini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gitu wajib banget buat mba tonton nih film

      Hapus
  18. Banyak yg nulis tt Knives Out. Kuyakin beneran nyuss filmnya...

    oke sip, masuk bucket list. :)

    BalasHapus
  19. Otw nonton ini mah, makasih kak reviewnya

    BalasHapus
  20. Makasi reviewnya ini, awalnya gak tertarik, tapi ternyata filmnya bagus ya, baiklah kalau begitu nanti nonton

    BalasHapus
  21. Waw detektifan. Kadang suka seru-seru kesal gitu kalau endingya tidak mudah ditebak. Setiap adegan auto kagak boleh dilewatkan.

    BalasHapus
  22. kadang akak suka heran kenapa banyak orang menonton film tapi filmnya yg buat mikir keras hahahaa akak jujur lebih suka film.yg simple hahahah

    BalasHapus
  23. Baca awal paragrafnya menarik sekali. Sayang sekali di tempat saya gak ada bioskop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali Mas Amir, padahal rekomen banget filmnya. Semoga di tempat Mas Amir segera ada bioskop ya

      Hapus
  24. Whoaaa baca reviewnya jadi ingin segera nonton. Kemarin juga udah direkomendasikan sama temen sih...

    BalasHapus

Sila tinggalkan komentarnya.