sistem imun
Sumber: pixabay.com

Di saat pandemi seperti ini, mau tak mau kita harus semakin peduli pada sistem imun atau kekebalan tubuh kita. Terlebih, masih tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Sistem imun yang kuat dapat meminimalisir kemungkinan diri kita terpapar Covid-19 ataupun penyakit lainnya.


Apa itu Sistem Imun?

Sekarang semua mendadak berbicara sistem imun, apa itu sistem imun, bagaimana cara menjaga sistem imun, dan sebagainya. Nah, sistem imun sendiri sebenarnya adalah sistem perlindungan tubuh terhadap biologis luar yang masuk ke dalam tubuh kita. Bisa dikatakan sistem imun adalah benteng terakhir di tubuh kita untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Oleh karena itu pula sistem imun disebut juga dengan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuhnya berfungsi dengan baik, maka tubuh kita akan terproteksi dengan baik pula. Bukan tanpa alasan mengapa kita sering mendengar kalau orang yang jarang sakit berarti imun tubuhnya berfungsi dengan baik, itu karena tubuh terlindungi dari bakteri dan virus.

Mengenal 3 Tipe Sistem Imun

Manusia pada dasarnya memiliki 3 tipe sistem imun dalam tubuhnya, yaitu sistem imun bawaan, sistem imun adaptif, dan sistem imun pasif. Mari kita lihat perbedaan ketiganya.

  • Sistem Imun Bawaan

Sistem imun bawaan adalah sistem imun yang sudah terbentuk sedari kita lahir. Inilah benteng pertahanan tubuh pertama yang ada untuk melawan bakteri dan virus. Contoh dari sistem imun bawaan adalah kulit dan selaput lendir di tenggorokan atau usus.

  • Sistem Imun Adaptif

Seperti namanya, sistem imun ini lahir melalui adaptasi setelah tubuh mendapatkan vaksinasi akibat terpapar penyakit. Sistem imun adaptif ini akan menjadi antibodi yang mampu membedakan berbagai virus dan bakteri. Jika vaksin Covid-19 sudah ditemukan dan bisa digunakan secara masal, maka orang yang disuntik vaksin Covid-19 akan mendapatkan sistem imun adaptif.

  • Sistem Imun Pasif

Sistem imun pasif biasa disebut juga dengan sistem imun pinjaman, yakni ketika antibodi satu individu dipindahkan ke individu lainnya. Contoh dari sistem imun ini adalah bayi yang mendapatkan sistem imun melalui plasenta ibunya sebelum lahir dan melalui ASI setelah lahir.

Cara Menjaga Sistem Imun 

Sebenarnya cara terbaik untuk mejaga sistem imun adalah dengan menjalankan pola hidup sehat sebaik mungkin. Terlebih, seruan menjaga pola hidup sehat juga semakin sering kita dengar di masa pandemi seperti sekarang. 

Adapun pola hidup sehat untuk menjaga sistem imun antara lain adalah cukup tidur minimal 7-9 jam sehari, konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, rutin konsumsi multivitamin, rajin berolahraga (olahraganya bisa di rumah selama masa pandemi), dan mengendalikan stres. 

Sekiranya pun di masa pandemi seperti sekarang, beberapa anjuran seperti berjemur di bawah sinar matahari pagi juga bagian dari pola hidup sehat yang baru. Alokasikan waktu berjemur selama 10 sampai 15 menit setiap paginya untuk menguatkan sistem imun tubuh.

***

Pada dasarnya, baik ada pandemi atau tidak, menjaga sistem imun dengan menjalankan pola hidup sehat memang sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orang. Jadi, pandemi Covid-19 ini bisa dijadikan peringatan untuk kita agar selalu menjaga sistem imun pada tubuh. Stay healthy!

Post a Comment

Sila tinggalkan komentarnya.

Lebih baru Lebih lama