Header Ads

Ketika ASUS VivoBook S14 S433 Menjadi Laptop Paling Personal untuk Anak Muda

Heran saya, ASUS tampaknya tak pernah bosan melahirkan produk laptop yang bisa bikin ngiler semua orang. Kabarnya, mereka baru saja menghadirkan tipe VivoBook paling trendy dengan performa powerfull karena sudah disematkan dengan prosesor Intel Core Generasi 10. Laptop tersebut adalah ASUS VivoBook S14 S433.

Usut punya usut, ternyata ASUS serius banget dalam memangsa pasar kaum muda atau Generasi Z lewat laptop ini. Mengusung tema Dare To Be You, ASUS sepertinya ingin memberikan ruang kepada kaum muda atau Generasi Z (Gen-Z) untuk kreatif sekaligus produktif namun tetap dengan menjadi diri sendiri.

Ya, anak muda biasanya memang cenderung ekspresif. Mereka suka dengan segala hal yang menunjukkan jati diri dan senang dengan sesuatu yang memiliki sentuhan personal. Gue banget, lah, kalau kata anak zaman sekarang.

Selain itu, semua juga tahu kalau anak muda dari Generasi Z tumbuh seiring kemajuan teknologi yang pesat. Kaum muda dari generasi ini mengalami sendiri bagaimana transisi digital dan teknologi yang terus berevolusi hingga detik ini. Jadi, yang namanya teknologi merupakan makanan sehari-hari bagi Gen-Z.

Di Indonesia sendiri, populasi Gen-Z (kelahiran di atas tahun 1997) jumlahnya mencapai 27 persen dari populasi Indonesia. Sisanya selain itu adalah Milenial (kelahiran tahun 1982-1996) sebesar 25 persen dan Gen-X (kelahiran tahun 1965-1980) sebesar 21 persen. Besaran populasi itu membuktikan bahwa Gen-Z sangat berpengaruh dalam perkembangan tren anak muda di Indonesia (Sumber data: lokadata.id). 


Photo by ASUS Indonesia 
(klik gambar untuk memperbesar)
Nah, menurut saya ASUS cukup jeli melihat peluang ini. Mereka kelihatan sangat siap untuk menjawab "ego" anak muda itu lewat ASUS VivoBook S14 S433Oleh karena itu, bukan tidak mungkin kalau ASUS VivoBook S14 S433 ini dapat menjadi laptop yang paling personal dan "gue banget" bagi anak muda. Nggak percaya? Berikut saya paparkan alasannya.


1. Laptop Anak Muda yang Bertenaga Kuda

ASUS VivoBook S14 S433 ditenagai oleh prosesor Intel Core Generasi 10. Ada dua varian Intel yang disediakan, yaitu Intel Core i7-10510U dan Intel Core i5-10210USelain prosesor bertenaga kuda, laptop ini didukung kartu grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan 2GB GDDR5 VRAM, RAM 8GB DDR4. Untuk garasi penyimpanannya, laptop ini telah dibekali PCLe SSD berkapasitas 512GB dan dilengkapi Optane Memory berkapasitas 32GB. Tentunya laptop ini bisa mengakses kebutuhan dengan super cepat.


Photo by ASUS Indonesia
(klik gambar untuk memperbesar)
Tidak hanya itu, prosesor generasi terbaru dari Intel ini juga sangat hemat daya. Daya baterainya sendiri sebesar 50WHrs, sehingga diklaim dapat membuat ASUS VivoBook S14 S433 ini mampu melek selama 12 jam. Belum lagi, teknologi fast charging-nya dapat memaksimalkan pengisian ulang menjadi 60 persen hanya dalam waktu 49 menit.

Dengan performa yang ada, laptop ini memang cocok sekali untuk anak muda yang ingin lebih produktif dalam menjalani segala aktivitasnya. Laptop anak muda, bertenaga kuda, perpaduan yang sangat komplit.

2. Desain Trendy dan Mencerminkan Jati Diri 

Desain ASUS VivoBook S14 S433 bisa dibilang minimalis sekaligus mencolok. Loh, gimana, tuh? Iya, minimalis yang dimaksud adalah dari segi ketebalan dan beratnya. Walaupun bertenaga kuda, laptop ini nyatanya sangat tipis dengan tebal hanya 15.9 mm dan beratnya hanya 1.4 kg. Jadi, laptop ini sangat nyaman jika dibawa mobile dan tidak memakan banyak ruang ketika di simpan ke dalam tas. 

Soal kerangkanya, body laptop ini diselimuti dengan alumunium alloy yang kokoh dengan sudut yang elegan. Selain itu, ada perpaduan polikarbinat pada beberapa bagian belakang layar laptop ini. Bagian punggungnya sendiri tampil calm alias polos-polos saja, hanya ada tulisan kecil "ASUS VivoBook" dengan font simpel yang diletakkan di bagian pinggirnya. 

Walaupun minimalis, laptop ASUS VivoBook S14 S1433 ini ternyata memiliki 4 pilihan warna yang eye-catching. Bagian ini yang saya maksud agak mencolok. Masing-masing pilihan warnanya adalah Resolute Red, Dreamy Silver, Gaia Green, dan Indie Black. Nah, kalau warna favorit saya sendiri adalah Indie Black yang mencerminkan independensi dan sepertinya terlihat lebih berwibawa.


Editing by irsyadmuhammad.com
(klik gambar untuk memperbesar)
Berapi-api dan mencolok, itulah karakter yang ingin ditunjukkan dalam Resolute Red. Hal ini menggambarkan keberanian walaupun berada di luar arus.

Editing by irsyadmuhammad.com
(klik gambar untuk memperbesar)
Dreamy Silver menunjukkan keberanian untuk terus bermimpi, mencerminkan kebanggaan atas cita-cita yang telah diperjuangkan.

Editing by irsyadmuhammad.com
(klik gambar untuk memperbesar)
Seperti alam, Gaia Green mencerminkan jati diri yang mudah beradaptasi dan terbuka terhadap sesuatu.  
Editing by irsyadmuhammad.com
(klik gambar untuk memperbesar)
Indie Black mewakili independensi dan kepemimpinan yang tegas serta lugas. Hal tersebut mengindikasikan tanggup jawab atas situasi apa pun dan tak takut untuk berbicara dengan orang lain.

Jika laptop ASUS VivoBook S14 S433 ini dibuka, maka ada dua bagian yang lumayan menarik perhatian. Pertama, tombol enter-nya dikelilingi warna hijau stabilo pada setiap sisinya, sehingga jadi beda sendiri dibanding tombol lain. Kedua, keyboard-nya sudah dilengkapi dengan LED Backlit yang dapat meningkatkan kenyaman ketika sedang mengetik di malam hari atau di tempat gelap. 

Backlit dan key travel di keyboard laptop ini juga sangat diperhatikan oleh ASUS. Dengan backlit dan key travel yang berjarak 1.44 mm, saya pikir dapat memberikan sensasi mengetik yang sangat nyaman. Bagi yang hobi nulis pasti betah banget pakai laptop ini. 


Photo by arifHarianto
(klik gambar untuk memperbesar)
Oh, iya, ASUS juga menyediakan bonus stiker yang colorfull dari setiap pembelian laptop ASUS VivoBook S14 S433. Saya kira itu pula alasan mengapa punggung laptop ini didesain polos dengan warna yang sangat berkarakter, jadi mudah untuk dikostumisasi sesuai dengan personality pemiliknya. 

Photo by ASUS Indonesia
(klik gambar untuk memperbesar)

3. Laptopnya Para Kreator Muda

Sekarang, pekerjaan anak muda sering berkaitan dengan industri kreatif. Beberapa contoh pekerjaan yang erat dengan industri kreatif diantaranya adalah fotografer, pekerja film, animasi, desainer, musisi, youtuber, maupun konten kreator lainnya secara umum.

Melihat tenaga dan performanya, saya yakin ASUS VivoBook S14 S433 ini mampu menunjang segala jenis pekerjaan anak muda tersebut. Sekali lagi, dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX250, sudah pasti bermacam pekerjaan dapat berjalan dengan lancar jaya di laptop ini. 

Satu yang tidak boleh dilupakan adalah keberadaan Intel Wi-Fi 6 (802.11ax) yang dapat menghadirkan kecepatan jaringan super cepat untuk transfer file dalam ukuran besar. Aktivitas seperti virtual meeting di masa pandemi pun dapat berlangsung dengan super mulus.

Untuk menunjang koneksi dengan perangkat lain, ASUS S14 S433 sudah dilengkapi port USB 3.2 Gen 1 Type-C, USB 3.2 Gen 1, USB 2.0, output HDMI, card reader MicroSD, dan Audio Jack. Walaupun mungil, semua keperluan sudah terlengkapi dengan baik. 

Bisa disimpulkan kalau ASUS VivoBook S14 S433 adalah laptop yang sudah sangat proper untuk menunjang segala pekerjaan anak muda, terutama bagi para kreator muda yang berjiwa kreatif namun tetap ingin produktif. Selain itu, untuk kebutuhan sehari-hari lainnya, kemampuan laptop ini sudah sangat sempurna.


Photo by ASUS Indonesia
(klik gambar untuk memperbesar)

4. Teman yang Tepat untuk Refreshing 

Rasa lelah setelah bekerja terus-menerus adalah hal yang wajar. Tentu anak muda butuh laptop yang mengerti keadaan tersebut. ASUS VivoBook S14 S433 ini sendiri dapat menjadi teman yang tepat untuk menemani rehat dan refreshing setelah lelah menjalani aktivitas utama. 

Mau nonton film? Ada teknologi NanoEdge Display yang mampu memaksa screen-to-body-ratio di layar 14 inci laptop ini menjadi 85 persen. Teknologi tersebut mampu memberikan sensasi menonton dengan layar yang lebih luas walaupun dengan laptop yang ringkas. Selain itu, layarnya juga sudah Full HD dengan sudut pandang lebar dan reporduksi warna yang mencapai 100 persen sRGB. 

Untuk nge-game pun sepertinya tak perlu dikhawatirkan. Prosesor dan kartu grafisnya sudah begitu proper untuk main game-game casual. Kurang apa lagi, ya? Ups, saya hampir lupa membahas output suaranya. Tenang saja, ASUS VivoBook S14 S433 sudah dilengkapi dengan speaker Harman Kardon yang kualitas suaranya sangat detail dan jernih. 

Fitur-fitur premium yang telah saya sebutkan tersebut mampu membabat habis semua kebutuhan mulai dari pekerjaan hingga refreshing. Wajar jika saya mengatakan bahwa laptop ASUS VivoBook S14 S433 ini bisa sangat personal bagi penggunanya.

Photo by arifHarianto
(klik gambar untuk memperbesar)

5. Semakin Personal dengan One-touch to Log In

Meskipun powerfull dan sangat mencerminkan jati diri pemiliknya, tetap tak ada artinya jika fitur keamanan di laptop ini tak terlindungi dengan baik. Untungnya ASUS VivoBook S14 S433 sudah terintegrasi dengan Windows Hello lewat fingerprint sensor yang terletak di sudut kanan atas touchpad-nya. ASUS VivoBook S14 S433 sudah dapat digunakan dengan sekali sentuhan saja tanpa perlu repot-repot mengetikkan kata sandi. Mudah, aman, sekaligus menjadikan laptop ini makin personal karena tak sembarang orang bisa mengaksesnya.


Photo by arifHarianto
(klik gambar untuk memperbesar)
Photo by ASUS Indonesia
(klik gambar untuk memperbesar)

Harga Laptop ASUS VivoBook S14 S433

Tadi sudah saya paparkan 5 alasan mengapa ASUS VivoBook S14 S433 dapat menjadi laptop yang paling personal untuk anak muda. Nah, jika tertarik dan penasaran dengan harga laptop trendy ini, di bawah ini akan saya cantumkan masing-masing harganya baik untuk varian Intel Core i5 maupun Intel Core i7

Rp 13.999.000
(Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-10210U/NVIDIA® GeForce® MX250/8G/512G PCIe+32GB M.2 SSD(Intel TG))

Rp 15.999.000
(Windows 10 Home/Intel® Core™ i7-10510U/NVIDIA® GeForce® MX250/8G/512G PCIe+32GB M.2 SSD(Intel TG))

Kesimpulan

Apakah laptop ini layak dibeli atau tidak, itu kembali pada kebutuhan masing-masing. Namun jika boleh saya menyimpulkan, saya akan bilang kalau ASUS VivoBook S14 S433 ini adalah laptop yang sangat tepat untuk anak muda berjiwa kreatif sekaligus ingin selalu produktif. Saya yakin, ketika ASUS VivoBook S14 S433 sudah menjadi laptop paling personal untukmu, maka tak ada lagi hambatan untuk semakin Dare To Be You.


Spesifikasi  ASUS VivoBook S14 S433

Main Spec.
ASUS VivoBook S14 S433
CPU
Intel® Core™ i7-10510U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.9 GHz)
Intel® Core™ i5-10210U Quad Core Processor (6M Cache, up to 4.2 GHz)
Operating System
Windows 10
Memory
8GB DDR4 RAM
Storage
512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD with 32GB Intel® Optane™ Memory
Display
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) NanoEdge Display, 100% sRGB
Graphics
NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM
Integrated Intel HD Graphics 520             
Input/Output
1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader
Camera
720p HD camera
Connectivity
Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio
Built-in speaker, Built-in microphone, Audio by ICEpower®//harman/kardon (Mainstream)
Battery
50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension
32.40 x 21.30 x 1.59 ~ 1.59 cm
Weight
1.4Kg with battery
Colors
Gaia Green, Resolute Red, Dreamy White, Indie Black
Warranty
2 tahun garansi global

22 komentar:

  1. Asus emang banyak banget ya penggemarnya terutama kalangan anak muda, speknya pun memuaskan. Mantap semoga menang yaa.

    BalasHapus
  2. Mantul Kali pak laptop nya. Saya juga naksir nih, buat bikin konten di blog, IG, TikTok, YouTube dan platform lainnya.

    BalasHapus
  3. keren banget ini laptopnya sebagai pengguna asus saya kepengen jg yg seri ini

    BalasHapus
  4. Bukan hanya anak muda, emak-emak macam saya juga mupeng banget dengan laptop ASUS VIVOBOOK S14 S433 ini loh syad.

    BalasHapus
  5. Wah ini pas banget buat rekomendasi yang mau ganti laptop kayak saya. viturnya lengkap, desainya juga keren. trimakasiih

    BalasHapus
  6. Sebenernya harganya bersaing juga ya bang. Dengan spek yang mumpuni tapi masih terjangkau juga.

    BalasHapus
  7. Memang laptop asus ini cocok banget bagi anak muda. Pilihan warnanya bagus-bagus. Fiturnya juga canggih. Selainnya bobotnya cukup ringan. Jadi sangat mudah dibawa kemana saja

    BalasHapus
  8. dengan design warna merah untuk asus vivobook s14 ini duh sesuai banget sama keinginanku biar makin produktif wush wusssh

    BalasHapus
  9. Laptop kece yang cocok banget buat anak muda yang aktif dan produktif ya vivobook ini. Fiturnya lengkap, performanya mantap, tampilannya memesona

    Mauuuu banget punya laptop begini deh

    BalasHapus
  10. Berbagai spesifikasi ASUS S14 ini jadi pengen memilikinya. Terutama prosesor Intel Core Generasi 10 yang menjamin kerja laptop kencang ini.

    BalasHapus
  11. Pengen yang warna putih.
    Kemarin pas ke toko laptop beli headset, iseng nanya harga Asuss Vivobook dan bikin ngiler memang. Designnya keren bangettt apalagi dalemannya.

    BalasHapus
  12. Personalisasinya keren ya, jadi cocok banget buat anak muda. Tapi sebetulnya justru inilah titik unik dari laptop ini. Personalisasi ini jadi bahan yang baik buat siapapun dari kalangan usia berapapun.

    BalasHapus
  13. Belum pernah punya laptop Asus. Setelah membaca ulasan ini dan mambaca speknya laptop ini, jadi pengen upgrade ke Asus.

    BalasHapus
  14. Eh, tapi boleh juga dong ya untuk orang yang usianya nggak muda lagi tapi berjiwa muda.

    BalasHapus
  15. ahh bener bagt ini, bisa mewakili jati diri anak muda ya mas biar ttp terus berkreasi di era digital ini, pegen punyakkk satu dwehhh

    BalasHapus
  16. Aku banget nih bang😁😁 aku mau banget yang warna biru. Tapi boleh deh warna apa aja asal gratis eyakk wkwkk

    BalasHapus
  17. Tergoda dengan warna gaia green, nabung dulu ini mestinya lihat harganya menantang. Cocok juga buat bu guru sekaligus emak emak ini. mudah dibawa karena ringan ya kak.

    BalasHapus
  18. Harganya bikin mupeng ya. seharga motor. pantaslah kalau performanya aduhai. impian banyak orang nih. termasuk saya. hehe

    BalasHapus
  19. Aku naksir banget resolute red yang kece abis menurutku kak. Dikasih stiker pun masih sangat cantik banget apalagi Asus vivobook ini dan performanya sangat keren gimana Gak makin jatuh cinta coba pengen punya coba?

    BalasHapus
  20. Saya kepincut sama yang Gaia Green, kalau punya laptop keren ini, sudah pasti bisa tampil gaya ya Mas.

    BalasHapus
  21. suka banget sama desain dan fiturnya yang cocok buat anak muda. saya ngeceng warna Gaia Green. bagus warnanya.

    BalasHapus
  22. Harganya wow jg klo ut sekedar buat kebutuhan ngetik ya hehehe.
    Pastinya nih gamers yang memburu

    BalasHapus

Sila tinggalkan komentarnya.