irsyadmuhammad

www.irsyadmuhammad.com

Saya cukup beruntung bisa menyaksikan langsung virtual launch Laptop OMEN 15 yang merupakan laptop gaming varian terbaru dari HP. Virtual launch yang diadakan di Zoom tersebut berlangsung pada tanggal 14 Juli 2020 kemarin, pukul 13:30 WIB. Dalam perilisan tersebut, HP mengusung jargon Play to Progress sebagai dukungan untuk mengoptimalkan kapabilitas gamer Indonesia dalam perangkat yang mereka miliki. 



Nah, saya sendiri sebelumnya lumayan penasaran tentang portofolio baru dari HP ini. Apa saja nilai unggul laptop OMEN 15 yang saya temukan dalam virtual launch kemarin? Berikut akan saya ulas secara lengkap.

7 Keunggulan Laptop OMEN 15 dari HP

1) Performa Garang

Kalau sudah mengklaim laptop gaming, biasanya nggak bisa main-main soal performa. OMEN 15 ini sendiri menawarkan grafis memukau melalui NVIDIA GeForce RTX 2060. Untuk menunjang tenaga dengan performa level desktop, ada prosesor 10th Gen Intel Core i7 H-series atau debut CPU AMD di laptop OMEN dengan prosesor AMD Ryzen 7 H-series. RAM tersedia di 32 GB DDR4 dan bisa ditingkatkan hingga level profesional sekalipun. Opsi penyimpanan yang ditawarkan hingga 1 TB PCle SSD serta didukung kecepatan load yang luar biasa. 

2. Visual Memukau

Setelah dapur pacu, sekarang saatnya membahas bagian visual. Betapa tidak, pengalaman terbaik gaming pasti sangat ditentukan dengan aspek yang satu ini. Layarnya sendiri berukuran 15,6 inci dengan desain engsel 180 derajat. Layarnya sudah FHD 144 Hz dan sudah ada teknologi NVIDIA G-SYNC. Jadi, kestabilan di laptop ini akan lebih baik walaupun dengan sesi gaming yang berat sekalipun. 

3. Inovasi untuk Laptop tetap Dingin

HP mengklaim kalau laptop OMEN 15 ini sudah disematkan sensor IR thermopile pertama di industri sekelasnya. Sensor tersebut dapat mengoptimalkan efisiensi termal, mempertahankan kipas dengan stabil dan tenang, serta memaksimalkan performa yang ada pada fitur Dynamic Power di OMEN Command CenterMelalui inovasi tersebut, dapat dipastikan mesin terjaga tetap dingin karena bukaan udara lebih besar. 

Kipas 12 V yang disematkan dengan ventilasi tiga sisi dapat menciptakan aliran udara yang lebih lega. HP mengklaim kualitas pendingin laptop ini bisa mencapai performa seperti level dekstop.

4. Cocok untuk Gaming, Pas untuk Bekerja

Banyak kekhawatiran soal laptop gaming yang dianggap tidak nyaman ketika dipakai untuk melakukan aktivitas lain. Ternyata, HP mengklaim kalau OMEN 15 ini cocok untuk segala kalangan, baik itu gamer, pekerja kantoran, bahkan untuk anak kuliah atau sekolah sekalipun. 


Di OMEN Command Center, ada fitur Graphic Switcher yang berguna ketika ingin menikmati konten dan browsing internet. Ada pula pengaturan hybrid yang cocok untuk menonton atau bekerja. Performanya juga bisa diatur seperti meningkatkan kinerja CPU dan GPU sebesar 17 persen dengan gampang. Pihak HP sendiri mengatakan kalau laptop OMEN 15 sangat pas digunakan untuk pekerjaan berat seperti editing, jadi pekerjaan konten kreator pun bisa ditunjang dengan laptop ini. 

5. Desain "Kalem"

Laptop gaming biasanya tampil dengan desain gahar, lekukan-lekukan tajam, ditambah siluet yang terkesan tebal dan kaku yang secara umum terkesan agak robotic. Berbeda dengan OMEN 15 ini, HP justru mendesain laptop gaming ini dengan sentuhan yang lebih "kalem" dan lebih tipis. Saya menebak kalau HP ingin laptop ini lebih "ramah" untuk segala aktivitas, tak cuma gaming saja. Jadi, dipakai kerja atau lainnya pun tidak terlalu mencolok seperti laptop gaming lainnya.

6. Kustomisasi jadi Lebih Mudah

Saya pikir hal ini patut diapresiasi. Sekrup Philips yang dipakai di bawah laptop serta akses panel tunggal untuk memori dan penyimpanan membuat kustomisasi perangkat keras di OMEN 15 jadi mudah dan cepat. Artinya, sangat cocok bagi gamer yang suka otak-atik perangkat keras untuk meng-upgrade performa laptopnya. Salut, sekrup pun dipikirkan matang-matang oleh HP.

7. Menawarkan Harga dan Varian yang Menarik

Untuk laptop gaming sekelasnya, harga yang dipatok HP untuk OMEN 15 ini ternyata cukup bersaing bahkan diklaim lebih murah. Sebelum masuk ke harga, HP juga memberikan garansi 2 tahun dan Accidental Damage Protection selama 2 tahun untuk kerusakan seperti terkena air, terbanting, korslet karena listrik, suku cadang, dan servis. Ada pula OMEN Backpack dan OMEN Mouse 600 dari setiap pembelian OMEN 15.

Saat ini, laptop OMEN 15 dapat di pre-order mulai dari 20 Juli sampai 9 Agustus 2020, hanya melalui Blibli(dot)com. Penawaran menarik lainnya adalah bonus OMEN Mindframe Headset untuk 20 pembeli pertama laptop OMEN 15.

Baiklah, saatnya masuk ke harga. Sudah penasaran? Laptop OMEN 15 dari HP ini dibandrol mulai dari 18 jutaan dan tersedia untuk dua varian: Intel dan AMD. Untuk spesifikasinya, akan saya tampilkan gambarnya di bawah ini (note: klik gambar untuk memperbesar).



***

Apakah laptop ini layak dibeli dengan harga dan keunggulan yang ditawarkan? Menurut saya pribadi, laptop ini layak dibeli untuk gamer yang memang membutuhkan laptop dengan spek garang seperti ini. Toh, laptop gaming kompetitor sekelasnya juga mematok harga yang tak jauh berbeda bahkan lebih mahal. Selain itu, nilai lebih laptop OMEN 15 ini ada pada desainnya yang sekali lagi cukup "kalem" untuk laptop gaming dan sangat mobile untuk dibawa bekerja. Tertarik?

*Sumber gambar: HP Indonesia

4 Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

  1. Buat emak kayak awak, laptop gaming begini berasa superior kali bang. Kemampuannya mumpuni sekaligus bikin mupeng. Aaaaah nabung yang kenceng nih biar dapet si omen ini..

    BalasHapus
  2. Punya laptop gaming keren banget performnya luar biasa. Btw, laptop OMEN baru dengar aku

    BalasHapus
  3. Laptop Omen grafisnya memukau ya wow keren... laptop gaming emang gak main-main ya, para gamer pasti mupeng nih smua hehe

    BalasHapus
  4. nggak cuma untuk nge-game aja ternyata. Saya pikir kalo laptop kayak gini nggak bisa dipake kerja kantoran gitu. Keren ini tampilannya mah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

Lebih baru Lebih lama