Header Ads

Bolehkah Olahraga Sebelum Tidur?

olahraga sebelum tidur
Sumber: liputan6(dot)com

Kita semua tahu kalau olahraga yang rutin bisa menyehatkan tubuh. Tapi, bagaimana dengan olahraga sebelum tidur atau di malam hari? Apakah baik untuk tubuh?


Banyak pendapat soal baik atau tidaknya olahraga sebelum tidur. Ada pendapat pula yang mengatakan kalau olahraga sebelum tidur dapat menganggu kualitas tidur karena sehabis olahraga jantung akan berdetak lebih cepat.

Beberapa orang tetap melakukan olahraga sebelum tidur karena beberapa alasan. Kebanyakan adalah soal terbatasnya waktu di pagi hingga sore hari karena aktivitas yang padat. Mau tak mau, waktu untuk olahraga hanya tersedia di malam hari.


Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Kembali ke pertanyaan utama: bolehkah olahraga sebelum tidur? Sebenarnya, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga sebelum tidur. 

1. Baik untuk Kesehatan Mental

Harvard Health Publising melansir bahwa olahraga sebelum tidur dapat meningkatkan mood positif yang disebut endorfin. Selain itu, norepinefrin juga akan meningkat di mana berguna untuk mengendalikan pikiran dan emosi.

2. Baik untuk Tubuh Bagian Belakang

Bagi orang-orang yang bekerja seharian di balik meja, aktivitas duduk terus-menerus di depan komputer dapat membuat tubuh bagian belakang seperti leher, pinggul, bagu, dan punggung menjadi kaku. Nah, tak punya waktu untuk berolahraga dapat memperparah hal tersebut. Dilansir dari Healthline, Olahraga ringan sebelum tidur dapat mencegah kekakuan tubuh di bagian belakang.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Hal ini cukup bertolak belakang dengan pendapat yang mengatakan kalau olahraga sebelum tidur dapat merusak kualitas tidur. Namun, menurut National Sleep Fondation, olahraga tiga jam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengobati insomnia karena kadar hormon stres akan berkurang. Olahraga sebelum tidur nyatanya berguna bagi orang yang mudah diterpa stres akibat pekerjaan sehari-hari.

4 Jenis Olahraga Sebelum Tidur 

Ada beberapa jenis olahraga sederhana yang bisa diaplikasikan di malam hari atau sebelum tidur. Berikut 6 jenis diantaranya.

1. Yoga

Mulailah dengan pranayama breathing atau dengan menarik nafas dalam-dalam melalui hidung sampai tulang dada terlihat, kemudian hembuskan perlahan. Lalukan selama 1 sampai 2 menit. 

Selanjutnya dengan downward facing dog yang berguna untuk tangan dan pernapasan, lalu lakukan plank selama 2 sampai 3 menit. Jika tubuh sudah terasa panas, ganti gerakan dengan child pose dan lanjutkan dengan kapalbhati breathing dengan duduk bersila sembari menghembuskan napas dengan keras dari mulut.

2. Stretching

Stretching atau perenggangan adalah adalah olahraga untuk mendinginkan tubuh. Stretching bisa menjadi solusi jika tidak sanggup olahraga yang terlalu berat. Olahraga ini bisa cukup membantu untuk pekerja kantoran yang memiliki sedikit waktu.

Angkat kedua tangan hingga sejajar dengan telinga, kemudian kencangkan tulang belakang termasuk bagian punggung. Gerakan tangan ke kiri dan ke kanan hingga punggung terasa merenggang. Akhiri dengan mencium lutut selama beberapa detik saja. 

3. Elbow Plank

Jenis yang satu ini lumayan sederhana. Ambil posisi plank dengan siku berada di bawah bahu serta kaki yang terbuka selebar pinggul. Pastikan posisi tubuh benar-benar lurus. Kemudian angkat pinggul hingga posisinya jadi lebih tinggi dari bahu. Setelah itu angkat satu kaki lebih tinggi dari lantai dengan satu kaki lainnya berada di posisi tetap. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan. Olahraga ini bermanfaat untuk pekerja kantoran yang selalu berada di posisi tubuh yang sama selama berjam-jam.

4. Bicycle Exercise

Seperti namanya, olahraga sebelum tidur yang satu ini terasa seperti sedang bersepeda. Cara melakukannya adalah dengan berbaring di lantai serta kedua tangan berada di belakang kepala. Angkat lutut kanan bersamaan dengan kepala dan pundak kiri depan, kemudian gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. Ganti dengan ltut kiri setelah 1 menit. Bicycle Exercise dapat membantu pembakaran lemak dan mengecilkan perut. 

***
Nah, jadi itu adalah manfaat olahraga sebelum tidur dan 4 jenis olahraga sederhana yang dapat dipilih. Olahraga sebelum tidur tidak selalu buruk untuk tubuh jika dilakukan dengan pemahaman yang benar. Semoga membantu.

Referensi artikel:
rexona(dot)com/id/gerak-tak-terbatas/6-jenis-olahraga-sederhana-sebelum-tidur-dan-manfaatnya.html
idntimes(dot)com/health/fitness/eka-amira/5-manfaat-kesehatan-olahraga-sebelum-tidur-yuk-jadikan-rutinitas-exp-c1c2

Tidak ada komentar

Sila tinggalkan komentarnya.