Sama halnya dengan penyakit jantung yang banyak dialami orang, tumor otak juga bisa diderita oleh siapa saja dan bisa berakibat fatal. Pasalnya, gejala tumor otak pada umumnya terdengar remeh namun tanpa disadari sudah mencapai level bahaya. Jadi siapa saja wajib sekali untuk tahu tentang penyakit ini. Dalam artikel ini akan dijelaskan gejala dan penyebab sakit tumor otak yang sering dialami banyak orang.


Penyebab Tumor Otak

Tumor adalah kumpulan jaringan atau benjolan yang bisa terbentuk dari akumulasi sel-sel abnormal. Dalam kondisi normal, sel pada tubuh manusia bisa menua, mati, kemudian digantikan oleh sel baru. Tidak pada tumor, yang mana proses tersebut mengalami ganggua pada fungsi organ yang ditumbuhi tumor. Sel abnormal tumbuh, membesar, dan tidak mati, padahal tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Tumor terbagi dua, ada yang jinak dan ada yang ganas. Tumor jinak hanya hidup di organ tertentu, tidak menyerang jaringan sekitarnya dan tidak menyebar pula. Biasanya tumor ini tidak mengancam nyawa. Dokter hanya perlu melakukan pemantauan untuk memastikan tumor tidak bermasalah. 

Pada kasus lain, tumor jinak juga bisa "berperilaku" meniru tumor ganas. Dokter pastinya akan melakukan pengobatan dalam hal ini. Tumor yang bersifat ganas ini juga disebut kanker. Tumor jenis ini bisa masuk ke pembuluh darah dan menyebar ke organ lain dan sampai bisa menganggu fungsi organ lain.

Jika sel abnormal terdapat di otak, maka itu bisa disebut tumor otak. Tumor otak ini pun bisa terbagi dalam dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang pertumbuhannya dimulai di area sekitar otak dan kebanyakan bersifat jinak. Sedangkan tumor otak sekunder biasanya berawal dari organ lain, seperti ginjal, payudara, paru-paru, atau kulit, kemudian menyebar sampai ke otak. Tumor yang muncul di otak dapat memberi tekanan pada tempurung kepala dan berisiko mengalami gangguan pada otak.

Pada dasarnya, penyakit tumor otak memang tidak pandang bulu. Bayi, anak-anak, sampai orang dewasa bisa menderita penyakit ini. Belum ada ahli yang bisa menyimpulkan faktor utama penyebab kemunculan tumor otak jenis primer. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memunculkan risiko terkena tumor.

Faktor yang Memicu Kemunculan Tumor

  • Usia
Tumor otak memang bisa menyerang siapa saja, namun orang dewasa berusia lanjut juga punya risiko untuk terkena tumor otak.
  • Keturunan
Sebagian penderita tumor otak diketahui memiliki anggota keluarga yang pernah penderita penyakit serupa. Dengan kata lain, ada sindrom genetik yang meninggikan resiko terkena tumor di otak.
  • Pernah terpapar radiasi
Orang yang pernah menjalai terapi radiasi untuk penyembuhan kanker ternyata berisiko lebih tingga untuk terkena tumor otak.

Gejala Sakit Tumor Otak 

Penyakit ini tidak boleh diremehkan, begitu pun apa bila merasa memiliki gejalanya. Untuk gejala tumor otak sendiri bervariasi, tergantung jenis tumor dan lokasi kemunculannya. Beberapa kasus bahkan tidak menimbulkan gejala tertentu namun tanpa disadari ukurannya sudah membesar dan langsung menimbulkan gangguan serius.
  • Sakit Kepala
Biarpun terdengar sepele, sakit kepala juga bisa dijadikan tanda-tanda tumor otak. Namun bukan berarti setiap sakit kepala adalah gelaja tumor otak. Biasanya penderita tumor otak merasakan sakit kepala tanpa sebab dan tidak reda walaupun sudah meminum obat sakit kepala. Makin lama sakit kepala akan semakin tak tertahankan terutama saat penderita sedang batuk atau beraktivitas fisik.
  • Mual dan Muntah

Demikian juga dengan mual dan muntah, biasanya muncul tanpa sebab yang jelas juga. Mual dan muntah bisa dirasakan terus-menerus, terkadang bisa bersamaan dengan sakit kepala.

  • Kejang
Penderita tumor otak bisa kejang secara tiba-tiba. Biasanya berlangsung selama 2-3 menit. Adapun kondisi lain yang ikut menyertai adalah hilang kesadaran, tidak bisa mengendalikan fungsi tubuh, kesulitan bernapas beberapa detik bersamaan dengan kulit biru kehitaman, dan biasanya merasa ngantuk dan kebingungan setelah kejang.
  • Mudah Lelah dan Kebas
Lelah dan kebas sering dirasakan oleh banyak orang, tapi ini juga pertanda orang yang menderita sakit tumor otak. Lelah bisa diikuti kesulitan mengendalikan ekspresi wajah, menelan, atau tidur. Beberapa bagian tubuh juga akan terasa kebas atau mati rasa.
  • Gangguan Penglihatan dan Pendengaran
Tumor di otak bisa memengaruhi saraf mata seperti kabur dan berbayang, serta juga bisa menganggu fungsi pendengaran seperti telinga berdengung. Walaupun kedua gejala ini tidak muncul berbarengan, tetapi perlu juga untuk selalu diwaspadai.
  • Gangguan Kognitif
Tanda gangguan kognitif antara lain adalah susah konsentrasi, sering merasa bingung, dan sulit melakukan dua aktivitas dalam waktu yang sama. Penderita tumor otak juga bisa mengalami gangguan komunikasi, diantaranya seperti sulit berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, daya ingat bisa juga terganggu baik jangka panjang atau pendek.

***
Itu tadi adalah penyebab sakit tumor otak dan gejala-gejala yang umum terjadi pada penderitanya. Apabila mengenali gejala-gejala tersebut, tak ada salahnya untuk pergi ke rumah sakit dan memeriksakannya kepada dokter. Adapun beberapa pilihan pengobatan tumor otak diantaranya adalah operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Semoga pada artikel selanjutnya saya bisa membahas pengobatan terkait penyakit tumor otak.  

Post a Comment

Sila tinggalkan komentarnya.

Lebih baru Lebih lama