Wisata Binjai, Destinasi Wisata

Di Binjai, Sumatera Utara, destinasi wisata berkonsep selfie dan alam memang sedang sangat berkembang. Baru-baru ini, ada satu destinasi yang baru buka di bulan Juli 2020 kemarin dan langsung viral terutama di media sosial instagram. Konon, salah satu stasiun TV swasta ternama juga ikut meliput tempatnya. Nama tempatnya sendiri adalah Sawah Lukis.


Sawah Lukis beralamat di Gang San Asmat, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara. Untuk mencapainya harus sedikit melewati daerah perkampungan sebelum akhirnya menemukan area persawahan yang luas. Tetapi, inilah nilai jual utama dari Sawah Lukis. Ya, tempat ini langsung ramai karena menawarkan pemandangan dan beberapa spot foto dengan latar belakang persawahan. Tak heran Sawah Lukis bisa jadi destinasi wisata Binjai yang hits dalam waktu singkat. 


Baca juga: Review Destinasi Wisata Binjai Lainnya, Bendungan Namu Sira-Sira


Begitu pun saya yang penasaran, akhirnya kemarin menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini. Dalam artikel ini akan saya ulas secara lengkap tentang Sawah Lukis, mulai dari tiket masuk, biaya parkir kendaraan, fasilitas, hingga kesimpulan yang meliputi kelebihan dan kekurangannya menurut opini saya. Stay tune!


Note: klik foto untuk memperbesar dan tampilan lebih baik. 


Akses Lokasi dan HTM (Harga Tiket Masuk)

Pertama sekali yang perlu diketahui, area jalan masuk ke Sawah Lukis sebenarnya agak sempit dan cuma cukup untuk dilewati satu mobil. Kalau ada mobil datang dari arah berlawanan, kedua mobil harus saling minggir ke badan jalan untuk bisa lewat. Meski begitu, jalannya sendiri sudah dilapisi aspal yang mulus. Nah, kalau naik sepeda motor sepertinya tak ada masalah.

Wisata Binjai, Destinasi Wisata

Mungkin karena masih baru, jadi tempat ini tidak memiliki area parkir yang memadai. Kendaraan pengunjung terparkir tidak rapi dan dijejerkan di pinggir-pinggir jalan. Bagi yang membawa mobil juga harus parkir setepi mungkin agar jalan utama masih bisa dilewati kendaraan lain. Untuk biaya parkirnya akan dikenakan Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Sebelum masuk ke lokasi wisatanya, pengunjung harus antri di gate masuk dan memesan tiket di kasir. Di sini, tiket sudah termasuk dengan satu buah minuman. Untuk satu orangnya akan dikenakan biaya Rp 18.000 dan bisa memilih salah satu dari Ice Lemon Tea atau Ice Limau Sunday. Jika ingin minum air kelapa muda, biayanya menjadi Rp 20.000 untuk satu orang dan juga sudah termasuk tiket masuk. Mengingat ini adalah tiket masuk + minuman, saya kira biayanya terbilang cukup murah.


Ada Apa di Sawah Lukis?

Tempat ini dinamai Sawah Lukis karena ada sawah dengan dua warna yang berbeda. Ada satu bagian sawah dengan warna hitam dan menjadi satu bentuk yang berbeda. Selain itu, pengunjung dapat memilih berbagai macam spot foto dengan latar belakang sawah dan memilih beberapa pondok beratapkan anyaman untuk bersantai sambil menikmati minuman yang sebelumnya sudah diambil di gate masuk.


Oh, iya, minumannya sendiri diletakkan ke dalam corong bambu yang dipotong segenggaman tangan. Jadi, konsep alamnya akan sangat kental apalagi sambil bersantai di bawah pondok dengan view persawahan yang memanjakan mata. Selain itu, tempat ini juga aman dari polusi dan bising kendaraan. 

Wisata Binjai


Beberapa "gimmick" juga telah disediakan. Ada orang-orangan sawah yang dipakaikan kemeja dan ditempel gambar wajah salah satu artis korea, ada juga tulisan yang membentuk kata LOVE dengan ukuran cukup besar, keduanya bisa menambah alternatif sebagai spot untuk berswafoto.


Satu yang menarik perhatian adalah gazebo besar yang dikhususkan untuk pengunjung VIP. Nah, kalian harus memesan makanan untuk menjadi pengunjung VIP dan bisa makan di dalam gazebo tersebut. Kelebihannya kalian bisa makan sambil menikmati pemandangan dengan sudut pandang berbeda dari dalam gazebo. Saya sendiri tidak memesan makanan tetapi sempat melihat harga beberapa menu makanannya, salah duanya adalah Nasi Campur (nasi putih, sayur, ikan asin, jengkol) yang harganya Rp 12.000 dan Ikan Sawah Goreng yang harganya Rp 15.000. 

Wisata Binjai

Saran saya, jangan datang ke sini ketika hari sedang panas. Malangnya saya datang pukul setengah dua siang saat matahari lagi terik-teriknya. Walaupun sedang panas, tapi tetap saja pengunjung yang datang lumayan ramai sampai-sampai saya harus menunggu pondok yang kosong untuk bisa berteduh.

Nah, satu lagi, menurut saya jumlah pondoknya masih kurang. Ada beberapa deret meja dengan atap payung namun sinar matahari masih menerpa badan saat matahari sedang terik. Jadi kalau datang ke sini lebih baik pagi-pagi sekali atau sore hari ketika matahari tidak terlalu terik.


Di sini kalian juga bisa menyewa topi dengan biaya Rp 5.000. Jenis topi yang disediakan antara lain topi caping dan topi cantik untuk wanita. Selain bisa digunakan sebagai tambahan properti untuk berswafoto, sepertinya juga lumayan membantu untuk menghalau terpaan sinar matahari. Selain beberapa fasilitas tadi, pengelola juga sudah menyediakan tempat sampah di beberapa sudut dan satu bilik toilet yang lumayan bersih. Jadi lumayan lengkap.

Wisata Binjai


Kesimpulan

Menurut saya, destinasi wisata di Binjai yang semacam ini adalah santapan empuk bagi orang-orang yang senang mencari spot foto menarik. Overall, beberapa fasilitas dan pelayanannya sudah lumayan baik walaupun tempatnya masih sangat baru. Hanya saya kira masih ada peluang untuk lebih dikembangkan baik dari segi fasilitas maupun pelayanannya.

Jika kalian tertarik untuk datang, Sawah Lukis buka setiap hari mulai pukul delapan pagi sampai dengan pukul enam sore. Tak perlu bingung untuk menuju ke lokasinya karena di google maps juga sudah ada titik yang akurat.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mematuhi aturan protokol Covid-19 di mana pun berada. Pakai masker, bawa hand sanitezer, dan selalu jaga jarak dengan pengunjung lain. Dalam hal ini, pengelola Sawah Lukis juga telah menyediakan tempat cuci tangan khusus di depan gate masuk bagi setiap pengunjung yang masuk atau keluar.

Wisata Binjai

Baiklah, sebagai penutup, saya akan merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Sawah Lukis sebagai destinasi wisata Binjai terbaru. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya menurut opini saya pribadi:


Kelebihan

  • Lokasinya tidak sulit ditemui
  • Tiket masuk murah
  • Harga makanan dan minuman terjangkau
  • Jauh dari kebisingan kota
  • Pemandangan bagus
  • Banyak spot foto 
  • Fasilitas dan pelayanan masih berpeluang untuk dikembangkan

Kekurangan

  • Area parkir kendaraan kurang memadai
  • Pondoknya masih sedikit
  • Kualitas rasa minuman standar (untuk makanan saya belum coba)
  • Fasilitas untuk sekarang masih standar
 

17 Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

  1. Ah, baca judulnya kukira sawah tempat nya orang2 melukid gitu. Ternyata warna sawahnya yang berbeda. Btw kok bisa warna hitam, sih. Apa tanamannya yang hitam?
    Itu,,,, pondok nya unik. Sayangnya jauh dari Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih sawahnya di cat kak, kalau nggk salah hehe

      Hapus
  2. saatnya kembali ke alam nih, cocok banget sebagai tujuan wisata. karena pasti penat banget ya dengan kerjaan sehari-hari. dari segi biaya pun sangat murah, jadi klo kesana bisa rame2

    BalasHapus
  3. Semoga makin berkembang maju ya usaha ini karena menurut saya, usahanya unik. Nice sharing kak😊

    BalasHapus
  4. Baru tau nih ada sawah lukis padahal dekat ya. Kreatif banget nih pengelolanya

    BalasHapus
  5. Kayaknya di Medan dan sekitarnya lagi booming ya bang wisata sawah. Bagus sih memang karena di daerah perkotaan kita susah Nemu yang ijo-ijo

    BalasHapus
  6. Duhh ijo ijonya bikin seger MasyaAllah. Pengennnn kesanaaa. Tapi jauh bangett hahaha. Buat refreshing enak nihhh

    BalasHapus
  7. Wihh kok keren ya Bg Irsyad..Sawah Lukis, hmm bs nih dimasukin list destinasi liburan keluarga ya, gak jauh2 kok Cengkeh Turi, Binjau Utara. Tfs Bg

    BalasHapus
  8. Indonesia banget ya, wisata alam.. Semoga tempatnya juga makin keren. Oiya bagusan lagi kalau ada wisata edukasi gitu, jadi diliatin proses nanam padi dll gt

    BalasHapus
  9. ijo ijo nya seger di mata sawah lukis cocok ini setelah pandemi ingin liburan

    BalasHapus
  10. Yuni kira, ini adalah tempat untuk melukis. Atau seenggaknya ada lukisan disana-sini sebagai background foto.

    Tapi cukup menarik sih. Sulit sekali ditemukan sawah berwarna hitam.

    BalasHapus
  11. damai banget kayaknya ngopi, udud, sambil nulis atau baca buku disitu, yahuuud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal tidak rame sih damai banget rasanya. Tp akhir pekan cukup padat mas yg dtg ke sana

      Hapus
  12. Akhirnyaa .. Binjai ikut menyusul kena demam wisata persawahan ��

    Eh, itu konsep penyajiannya minum unik deh .., beda dengan di lain tempat.

    Sayangnya bentuk spot foto masih sama dengan yang ada di lokasi lain.

    BalasHapus
  13. Ya ampun kk, bagus banget... Serius pengen banget kesana huhu, sayang banget Bengkulu nggak ada yang kayak gitu, sholawatin aja dulu ya, siapa tau ada rezeki kesana

    BalasHapus

Posting Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

Lebih baru Lebih lama