Apa yang kalian cari saat pertama kali bangun tidur? Saya yakin, sebagian besar orang akan langsung menjawab smartphone. Bahkan, nggak sedikit orang yang merasa cemas ketika mengetahui benda yang satu ini tidak ada disekitarnya saat ia bangun tidur. Betul, kan? Ngaku aja, deh.

Pasalnya, sebuah studi dari luar negeri pernah mengatakan demikian. Deloitte Global Mobile Consumer Survey tahun 2016 pernah melakukan studi kepada 53.000 pengguna smartphone. Studi tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 61 persen responden selalu mengecek smartphone-nya 5 menit setelah bangun tidur. Ada 88 persen responden juga yang diketahui langsung mengecek smartphone-nya 30 menit setelah bangun tidur dan ada pula 96 persen responden yang mengecek smartphone-nya sejam setelah bangun tidur.

Masih dalam studi yang sama, diketahui sebanyak 74 persen pengguna biasanya juga akan memeriksa smartphone terlebih dahulu setiap 15 menit sebelum tidur. Artinya, smartphone sudah sampai tahap menemani penggunanya mulai dari melek hingga merem. Well, hal ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan smartphone sekarang melesat begitu tajam. 

Data dari sebuah perusahaan media sosial di Kanada, Hootsuite, awal tahun 2020 ini ternyata menunjukkan bagaimana pesatnya pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia. Melalui data dari mereka, ditemukan 338,2 juta unit smartphone yang terkoneksi di Indonesia dan jumlah itu ternyata dua kali lipat lebih banyak dari jumlah pengguna internetnya yang hanya mencapai 175,4 juta jiwa. Berdasarkan data tersebut, bisa disimpulkan bahwa saat ini hampir semua orang Indonesia memiliki lebih dari satu smartphone

Jumlah pengguna internet di Indonesia juga sedikit relevan dengan jumlah pengguna media sosialnya. Menurut Hootsuit, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mendekati jumlah pengguna internetnya yaitu sekitar 160 juta jiwa. Artinya, pengguna internet di Indonesia juga merupakan pengguna smartphone yang hampir semuanya memiliki akun sosial media.

Sekarang coba bayangkan, bagaimana jika konten dan informasi yang tidak sehat tersebar di tengah besarnya jumlah pengguna smartphone di Indonesia? Belum lagi mengingat fakta kalau benda ini sangat dicari-cari setiap waktunya. Bila penggunanya tidak smartsmartphone dapat beralih menjadi senjata penyebaran hoax yang luar biasa efektif. 

Nah, dari pada sibuk buka media sosial yang sering jadi ladang konten tidak sehat dan hoax atau boro-boro pantengin aplikasi chat tapi nggak ada yang chat karena jomlo, mending biasakan diri untuk selalu mengakses informasi bermanfaat di smartphone kalian. Baik smartphone maupun penggunanya harus bisa sama-sama smart, dong.



Untungnya, sekarang IDN Times sebagai sebuah portal berita terkini telah memiliki aplikasi smartphone yang bernama IDN App. IDN App adalah Aplikasi Berita Terlengkap yang bisa kalian download dan install di smartphone masing-masing dan pastinya akan menjadikan kalian pengguna smartphone yang lebih smart

Kebetulan saya sudah lama mengandalkan website IDN Times untuk mencari tahu informasi yang saya butuhkan atau untuk sekadar membaca berita-berita terkini. Oleh karenanya, kehadiran IDN App tentu saja membuat saya makin senang lagi karena semua bisa diakses cuma lewat aplikasi smartphone saja. Kali ini saya ingin membagikan 5 hal seputar IDN App yang perlu kalian ketahui agar aktivitas menggunakan smartphone kalian bisa jauh lebih bermanfaat lagi.

1. Aplikasi Berita Terlengkap untuk Generasi Milenial dan Z

Menurut keterangan yang tertera di Play Store, disebutkan kalau IDN App adalah media multi-platform online yang dihadirkan khusus untuk para generasi Milenial dan Z. Aplikasi ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja tanpa harus takut ketinggalan berita terkini atau khawatir melewatkan artikel bermanfaat lainnya.

Berbagai pilihan kanal/topik yang bisa dipilih.

Ada beragam pilihan kanal yang terdapat di IDN App, diantaranya adalah news, berita regional dari beberapa wilayah di Indonesia, bisnis-ekonomi, otomotif, sport, sepak bola, travel, teknologi, life, hype, health, food, science, men, quiz, fiction, opinion, dan community. Beragam kanal tersebut sangat sesuai dengan informasi yang selalu dibutuhkan para generasi Milenial dan Z.

2. Aplikasi Berita yang Bermanfaat dan Anti Bosan

Hal yang membuat saya betah baca berita di IDN App adalah format beritanya yang menggunakan artikel listicle. Buat yang belum tahu, artikel listicle memiliki format yang terdiri dari beberapa ide-ide pokok atau sub judul. Jadi, terasa lebih gampang dipahami dan tidak membuat bosan. Meski hampir semua kanal di IDN App menggunakan format artikel listicle, namun ada beberapa kanal yang menggunakan format artikel narasi seperti fiction dan opinion

Gaya bahasa dan penulisan berita di IDN App juga sangat diperhatikan. Berita-berita yang ada di IDN App selalu mengedepankan gaya bahasa yang semi formal alias tidak kaku namun tetap asik untuk dibaca. Tak jarang ada jokes-jokes kecil yang diselipkan dan cukup sukses membuat pembaca tersenyum kecil. Menariknya lagi, setiap artikel beritanya selalu diselipkan gambar-gambar yang mewakili konteks tulisan. Nggak heran IDN App bisa disebut sebagai aplikasi berita yang khusus untuk generasi Milenial dan Z.

Artikel bentuk listicle dan gaya tulisan yang ringan serta mudah dipahami.

Nah, karena sebelumnya sudah disinggung soal hoax, maka perlu ditekankan juga kalau IDN App pasti aman dari paparan hoax. Betapa tidak, IDN Media sebagai portal berita yang berdiri sejak tahun 2014 sudah memiliki visi yang jelas sejak awal, diantaranya adalah mengedepankan keakuratan berita, seimbang, bermanfaat, dan selalu memberikan informasi yang positif. Aman, pokoknya.

Buat kalian generasi Milenial dan Z yang butuh informasi kesehatan, misalnya, bisa memilih kanal health yang memberikan wawasan seputar gaya hidup sehat. Atau bagi yang suka dunia olahraga, kanal sport dan sepak bola adalah pilihan terbaik, dijamin tidak akan ketinggalan update pertandingan di Indonesia dan dunia. Atau politik, travel, food? Semua ada seperti yang sudah saya sebutin semua di sub judul nomor satu.

3. Aplikasinya Nyaman Digunakan

Suka ngeluh sama aplikasi berita yang banyak iklannya? Tenang, masalah seperti itu nggak akan kalian temukan di IDN App. Tampilan di IDN App dijamin sederhana dan bersih dari iklan-ilkan yang menganggu. Latar belakangnya cukup putih polos saja, ditambah font berwarna hitam yang simpel namun enak untuk dibaca.

Atau ingin baca berita terkini sebelum tidur? Kalian bisa menukar tampilannya dengan latar belakang warna hitam setelah mengaktifkan mode malam. Walupun baca berita di malam hari, tapi tampilannya tetap nyaman dipandang.

Tampilan mode malam.

Oh iya, aplikasi ini juga sangat ringan di smartphone. Beratnya sendiri cuma 9 MB dan pastinya tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan. Karena ringan pula, aplikasinya jadi sangat responsive dan anti lelet. Selain itu tidak sulit juga untuk dioperasikan karena berbagai menu dan fiturnya mudah sekali dipahami.

4. Beragam Fitur Menarik

IDN App memiliki beragam fitur yang tidak boleh dilewatkan. Apa yang ditampilkan di menu Home adalah rekomendasi dari redaksi, sesuai dengan tipe topik apa yang diminati si pengguna. Jika ingin mencari berita yang lebih spesifik, ada kolom pencarian yang terletak di bagian paling atas. Kalian juga bisa memilih beberapa kategori diantaranya adalah Tanya Jawab, Rekomendasi, Untukmu, Terbaru dan berbagai topik lainnya. 

Tampilan Home.

Fitur Tanya Jawab bisa dibilang adalah salah satu fitur paling baru. Jadi, semua pertanyaan kalian seputar dunia hiburan, politik, ekonomi, tren, hingga pertanyaan receh pun bakal di jawab di fitur yang satu ini. Selain itu, kalian juga bisa menjawab pertanyaan dari orang lain juga. Bisa saja jawaban kalian ternyata sangat dibutuhkan oleh orang lain. 

Contoh pertanyaan dalam fitur Tanya Jawab. Ada pertanyaan receh juga.

Tulis jawaban kalian di kolom yang tersedia.
Untuk membuat pertanyaan, klik menu yang ada di tengah, lalu pilih Tanya Jawab.

Lalu kalian bisa menulis pertanyaan di kolom yang telah tersedia.

Sederet dengan menu Home yang ada di bagian bawah, ada menu Explore yang bisa digunakan untuk memilih sendiri topik-topik yang kalian inginkan. Masih di deretan yang sama, ada menu Notification yang berisi pemberitahuan pesan jika kalian pernah menulis dan berkomentar, lalu setelah itu ada menu Profile yang berisi data diri kalian dan beberapa info seputar akun kalian. 

Tampilan pada menu Explore untuk memilih beragam kanal/topik.

Tampilan pada menu Profile.

5. Nulis dan Dapat Cuan di IDN Times Community 

Nggak cuma mau baca? Tenang, aplikasi IDN App juga sudah sudah support untuk kalian yang ingin ikut menulis di sana. Sebagai informasi, kalian bisa bergabung ke IDN Times Community dengan catatan harus regristrasi di IDN App terlebih dahulu.

Di bagian tengah bawah ada tanda "+" yang jika di klik akan mengarahkan kalian ke fitur Tulis Artikel. Tentunya, penulis harus mematuhi ketentuan penulisan yang biasa digunakan. Meski begitu, menulis di IDN App ternyata sangat mudah karena formatnya sudah tersedia, jadi kalian sebagai penulis tinggal mengisi kolom yang sudah ada saja sesuai dengan instruksinya. 
Untuk ikut menulis artikel, pilih menu yang ada di tengah dan pilih Tulis Artikel atau logo bergambar pensil.

Kemudian tulis artikel lewat IDN App dan tinggal ikuti format pada setiap kolomnya. Mudah, kok.

Nantinya penulis akan mendapatkan poin dari setiap artikel yang sudah terbit. Pada jumlah tertentu, poin juga bisa ditukarkan dengan uang, lho. Mudahnya lagi, reedem poin bisa dilakukan langsung di IDN App. Tinggal pilih menu Profil, klik Reedem, dan uang bisa ditransfer ke rekening kalian. Kurang apa lagi, coba?

***
Itulah 5 hal yang harus kalian ketahui tentang IDN App. Jika kalian ingin IDN App ada di smartphone kalian, kalian bisa download aplikasinya baik melalui Play Store atau App Store. Jangan lupa untuk regristrasi terlebih dahulu dan nikmatilah beragam fitur yang tersedia. 

Harapan saya, sih, semoga kehadiran IDN App bisa memberikan dampak yang positif di tengah semakin tingginya jumlah dan intensitas penggunaan smartphone, terutama di kalangan generasi Milenial dan Z di Indonesia saat ini. 

Jadi, tunggu apa lagi? Download dan jadilah pengguna smartphone yang lebih smart bersama IDN App!




Referensi:
  • liputan6.com/tekno/read/2691886/61-persen-pengguna-cek-smartphone-5-menit-setelah-bangun-tidur
  • cyberthreat.id/read/5387/Digital-2020-Pengguna-Internet-Indonesia-dalam-Angka
  • play.google.com/store/apps/details?id=com.idntimes.idntimes&hl=in
  • idntimes.com/tech/trend/izza-namira-1/cara-pakai-fitur-tanya-jawab-di-idn-app/1

16 Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

  1. Hallo Kak Irsyad,
    Makasih inforamasinya. Saya baru mengenal iDN ini. Luasan topiknya pun banyak sekali sampai berpuluh-puluh.
    Untuk feature bagi penulis mengirimkan tulisannya, apakah kak Irsyad pernah juga mencoba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya baru ingin mencoba nulis opini di IDN, doakan saja bisa terealisasi kak. Mudah-mudahan, setelah ini saya bisa buat artikel tutorial menulis di IDN

      Hapus
  2. Wah sayangnya saya sudah bukan milenial lagi nih, tapi tak ada salah untuk membaca berita di IDN APP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa Koh, yg penting jiwa tetap milenial dong

      Hapus
  3. Keren ya IDN App. Aku udah install, banyak banget kategorinya tuh...Beritanya update pula. Pengen nyoba juga nih, tulis berita...

    BalasHapus
  4. Wih.. bisa jadi alternatif untuk baca berita yang terpercaya dan aman ya kak. Selama ini agak susah memilih portal berita, terus ujung-ujungnya baca di Instagram yang beritanya masih campur aduk.

    BalasHapus
  5. Saya kemana aja ya, baru tau ternyata IDN itu terbuka buat penulis dari mana aja :O terimakasih banyak yah mba informasinya, abis ini mau coba download IDN App dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aishh, kok mba? Saya laki2 kok kak hahaha. Tp terimakasih kembali :)

      Hapus
  6. Kangen nulis di IDNTimes deh jadinyaaaa. Dulu sempet pernah redeem sampai 500rb hihi terus jadi lalai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini real testimoni. Semoga saya bisa juga mba hehe

      Hapus
  7. Menjadi sedikit kebanggaan karena beberapa tulisan saya ada yang terbit di IDN heheh

    Dibanding dengan portal berita sejenis, IDN masih saya andalkan untuk mencari berita yang berimbang namun tetap update. Ga hoax, ga clickbait, ga bikin emosi hahaha

    BalasHapus
  8. aku juga selalu update beberapa hal dari website IDN nih kak, apalagi skrg ada aplikasinya ya makin memudahkan dan beritanya juga dapat dipercaya

    BalasHapus
  9. IDN app memang lengkap ya. berita yang disajikan selalu up to date. no hoax. jadi percaya kalau baca di IDN. ternyata memang disaring dulu ya untuk bisa masuk.IDN. keren

    BalasHapus
  10. Banyak portal berita tapi memang tergantung rasa nyamannya kita aja ya mas. IDN APP cocok untuk orang yang suka menulis juga.

    BalasHapus
  11. Wah banyak ya kak penguna internet di Indonesia 160 juta jiwa, itu sekitar 64 persen, apalagi masa pandemi begini tentu meningkat pesat. Cocok ni install aplikasi IDN App, agar lebih produksif penggunaan internetnya.

    BalasHapus
  12. IDN APP ini keren banget banyak berita yang up to date apalagi penulisnya keren keren

    BalasHapus

Posting Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

Lebih baru Lebih lama