irsyadmuhammad

www.irsyadmuhammad.com
asus rog phone 3


Tren mobile gaming di Indonesia memang sedang berkembang begitu pesat. Betapa tidak, hampir semua orang saat ini memiliki perangkat smartphone yang tak pernah lepas dari genggamannya. Aktivitas gaming kemudian telah bergeser ke mobile gaming karena lebih simpel dan bisa dimainkan di mana saja.

 

Pada beberapa artikel yang saya baca, kondisi dunia yang dilanda pandemi Covid-19 juga berpengaruh dalam meningkatnya aktivitas mobile gaming. Bermain game adalah salah satu jalan keluar untuk mengisi kebosanan selama berada di rumah. 

 

Akibatnya, minat pada mobile gaming juga ikut berkembang seiring waktu. Mobile gaming bahkan tak lagi sekadar rekreasi mengisi waktu luang saja, tapi juga menjadi satu aktivitas kenormalan yang baru.

 

Di luar itu, minat masyarakat di Indonesia terhadap game memang tidak main-main. Indonesia sendiri adalah negara peringkat ke-6 dengan jumlah gamer terbanyak di Asia dan peringkat ke-16 terbanyak di dunia. Pada tahun 2019 tercatat ada lebih dari 52 juta orang yang merupakan gamer di Indonesia. Tentu saja merupakan jumlah yang tidak sedikit (data Newzoo).

 

Tipe-Tipe Gamer

Walaupun jumlah gamer semakin meningkat, namun tidak semua gamer bisa diseragamkan. Gamer pada dasarnya memiliki beberapa tipe. Biasanya tipe-tipe tersebut dibedakan berdasarkan intensitas bermain atau tujuannya dalam bermain game. 

 

Kebanyakan orang membagi gamer dalam tiga tipe, yaitu adalah pro player, hardcore gamer, dan casual gamer. Lalu, apa yang membedakan ketiganya?

 

 

Pro Player

Pro player adalah tipe gamer pertama yang akan saya jelaskan. Namanya juga sudah pro, maka pro player adalah gamer yang sudah profesional. Di era sekarang, pro player berprofesi sebagai atlet e-sport yang mendapat kontrak atau bayaran dari perusahaan game. 

 

Pro player ini bukan gamer kaleng-kaleng. Mereka menekuni bidang ini layaknya sebuah pekerjaan utama. Wajar jika mereka bisa memiliki skill bermain game yang luar biasa. 

 

Hardcore Gamer

Tipe yang kedua adalah hardcore gamer. Hardcore gamer lebih menjadikan gaming sebagai hobi. Lupa waktu demi bermain game? Mungkin sudah biasa. Tipe ini bisa menghabiskan waktu dengan sangat lama hanya untuk bermain game. 

 

Gamer tipe ini juga rela merogoh kocek dengan sangat dalam demi menunjang aktivitas gaming-nya. Mereka adalah penggila game garis keras, selalu update soal game, dan skill-nya pun tidak boleh dianggap remeh.

 

Casual Gamer

Tipe yang terakhir adalah casual gamer. Casual gamer adalah kebalikan dari dua tipe sebelumnya. Jangankan mendekati skill pro player, mengimbangi hardcore gamer saja mereka sulit. Tipe ini biasanya hanya bermain game untuk mengisi waktu luang atau hanya untuk meringankan pikiran sejenak. 

 

Casual gamer biasanya bermain game di saat mereka sedang lelah, stress, atau ketika mood sedang kurang baik. Game yang dimainkan pun simpel-simpel saja dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu.

 

ASUS ROG Phone 3: Smartphone Idaman Semua Gamer

Seorang gamer tentu harus memiliki perangkat smartphone yang mumpuni. Pasalnya, tak semua smartphone diperuntukkan khusus untuk gaming, terlebih bagi hardcore gamer dan pro player. Belum lagi jika spek smartphone-nya terlampau kentang, pasti tidak nyaman untuk dipakai bermain game. 

 

Nah, ASUS baru saja mengeluarkan seri terbaru dari ROG Phone yaitu ASUS ROG Phone 3. Mendengar tiga huruf ROG saja, kita akan langsung tahu kalau smartphone ini bukan smartphone sembarangan. 

 

Buat yang belum tahu, ROG sendiri merupakan kepanjangan dari Republic of Gamers. ROG adalah sub-brand dari ASUS yang cuma fokus pada produk-produk gaming terbaik saja. Begitu pun ASUS ROG Phone 3 ini, kabarnya memang diperuntukkan khusus bagi gamer-gamer sejati yang memimpikan smartphone gaming dengan performa tak terkalahan. 

 

Sebelum menilik lebih jauh tentang ASUS ROG Phone 3, di bawah ini akan saya tampilkan spesifikasi lengkapnya.

 

asus rog phone 3

 

Sudah Snapdragon 865, Pakai Plus Pula!

Mulai dari mana, ya? Hmm, mari kita bahas jeroan utamanya lebih dulu. Sebagai informasi, ROG Phone 3 ini adalah smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming. 

 

Chipset ini merupakan varian baru dan perbaikan dari Snapdragon 865 yang diklaim lebih kencang 10 persen dari versi sebelumnya. Snapdragon 865 saja sebenarnya sudah sangat powerfull, apalagi Snapdragon 865 Plus ini!

 


 

Tidak main-main, chipset-nya menjadikan smartphone ini sebagai smartphone dengan skor Benchmark AnTuTu tertinggi saat ini, yaitu sebesar 646.310. AnTuTu sendiri biasanya dijadikan patokan untuk mengukur performa smartphone gaming yang ada di pasaran. Kecepatan jeroan utamanya ini mampu mencapai 3.1 GHz, maka wajar jika ASUS menyematkan jargon “The Ultimate Winner” pada seri ROG Phone 3 ini.

 

Puas Gaming Seharian dengan Baterai Badak 6.000 mAh  

 

Bobot 240 gram memang terbilang cukup berat untuk sebuah smartphone. Namun, hal tersebut menjadi wajar mengingat baterai yang dipakai adalah baterai berkapasitas 6.000 mAh. Baterai tersebut sanggup membuat smartphone ini melek seharian. 

 

Pengisian dayanya pun menjadi mudah karena dibekali port USB Type C dan power adaptor hingga 30 watt. Bekal tersebut mampu membuat waktu nge-charge di baterai sebesar 6.000 mAh menjadi lebih singkat.

 

Satu yang sangat berarti adalah side charging design, di mana port untuk nge-charge diletakkan di sisi bagian samping, bukan di sisi bagian bawah seperti smartphone pada umumnya. Fitur ini dimaksudkan agar gamer bisa bermain dengan nyaman walaupun sembari men-charge baterai-nya.

 

Didukung Kualitas Visual dan Audio yang Mengagumkan 


Layar di ROG Phone 3 juga sudah mendukung resolusi FULL HD+ (1080 x 2340 pixels). Luar biasanya lagi, aspek layar sebesar 6,59 inci sudah mendukung refresh rate mencapai 144 Hz

 


 

Tentunya, refresh rate tersebut akan menawarkan pengalaman gaming yang nggak ada obatnya. Semua pergerakan pada layar akan menjadi sangat mulus. Dengan ini, ROG Phone 3 sukses menjadi The Ultimate Winner di sisi laju penyegaran layarnya.

 

Sebagian gamer juga sangat memperhatikan aspek suara yang dihasilkan ketika bermain game. Untuk audionya, ROG Phone 3 sendiri hadir dengan dual stereo speaker yang bisa menghasilkan output suara sangat jernih namun juga tetap balance. 

 

Visual yang mengangumkan ditambah dukungan audio yang berkualitas tinggi? Dijamin akan memberikan pengalaman gaming yang semakin immersive.

 

Fitur Pendukung yang Gaming Sekali

 

Saatnya berbicara fitur-fitur yang ada di smartphone gaming ini. Meski punya refresh rate hingga 144 Hz, namun faktanya tidak semua game sudah support refresh rate di angka tersebut. Dalam hal ini, ASUS menyediakan fitur Armoury Crate yang berfungsi sebagai game library atau pun untuk setting performa. 

 

Dengan fitur ini, akan diketahui game-game mana saja yang sudah support refresh rate hingga 144 Hz. Fitur Armoury Crate juga akan memberikan rekomendasi game yang dapat dimainkan secara maksimal di smartphone ini. Beruntunglah kalian yang bisa menikmati game dengan refresh rate 144 Hz di ROG Phone 3. Hehe.

 

Di smartphone ini juga ada satu fitur bernama Game Ginie. Game Ginie adalah fitur yang cocok untuk content creator gaming ataupun streamer gaming. Fitur ini layaknya sebuah cheat, yang mana gamer bisa mematikan notifikasi, memblokir panggilan masuk, merekam layar, hingga live streaming ketika sedang berada di dalam game. Cara mengaksesnya sangat mudah, yaitu tinggal swap kiri layar saat bermain game dan akan langsung muncul pilihan menunya.

 

Bukan itu saja fitur keren yang ada di smartphone ini. Ada fitur Ultrasonic Buttons yang mana merupakan tombol tambahan di sisi smartphone. Tombol tersebut berfungsi menjadi tombol L1, L2, R1, dan R2. Fitur Ultrasonic Buttons ini dapat memberikan pengalaman gaming layaknya bermain game menggunakan stik playstation.

 

Masih ada lagi. Ada fitur X Mode yang berguna untuk meningkatkan performa dan mencapai clock speed hingga 3.1 GHz. Ada pula AirTrigger 3 yang merupakan skema untuk mengontrol karakter di dalam game dengan hanya memiring-miringkan smartphone. Semua fitur gaming tersebut bisa dinikmati di ROG Phone 3 ini.


Gaming Lebih Seru dengan Berbagai Aksesoris ROG Phone 3

 

 

 

Oh iya, jangan mengaku gamer jika sampai melewatkan berbagai aksesoris gaming untuk ROG Phone 3. Ada beberapa aksesoris keren yang bisa dikoleksi, diantaranya adalah ROG Kunai 3 Gamepad, TwinView Dock 3, AeroActive Cooler 3, dan Glass Screen Protector.

 

Bagi yang sebelumnya sudah punya aksesoris gaming milik ROG Phone 2 juga tak perlu risau, karena aksesoris gaming milik ROG Phone 2 sebagian besar bisa dipakai di ROG Phone 3. Selain bermain game jadi lebih seru, aksesoris semacam ini juga menjadikan ROG Phone sebagai smartphone gaming paling unik yang ada di pasaran.

 

Bukan Gamer tapi Ingin Punya ASUS ROG Phone 3?

Boleh, dong!

Saya sendiri bukan seorang gamer sejati. Disebut casual gamer pun, bisa iya dan bisa juga tidak. Meskipun begitu, ASUS ROG Phone 3 sukses membuat saya klepek-klepek bukan main. Ada beberapa alasan mengapa saya ikut menginginkan smartphone gaming yang satu ini.

 

Sebenarnya di luar fitur-fitur gaming, banyak sekali  keunggulan di smartphone ini yang saya pikir sangat berguna bagi saya. Soal baterai, misalnya. Baterai badak 6000 mAh ini mampu bertahan selama dua harian untuk penggunaan non-gaming. 

 

Kemampuan melek smartphone ini pastinya membuat saya tak perlu repot membawa kabel dan power bank ke mana-mana. Lucunya, satu-satunya power bank yang saya miliki kapasitas baterainya hanya sebesar 6200 mAh. Beda tipis antara sebuah smartphone dan power bank sekalipun.  

 

Chipset pada smartphone ini juga lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas multi-tasking. Ya, jika dipakai bermain game paling berat saja tak ada masalah, maka aplikasi seperti apa pun pasti oke-oke saja di smartphone ini. Ditambah lagi dengan kualitas layar dan audio yang jempolan, saya yakin bisa memberikan pengalaman entertainment yang begitu memanjakan.

 

Nah, biasanya, kualitas kamera di smartphone gaming selalu dianaktirikan. Itu pula yang membuat banyak orang jadi berpikir dua kali sebelum membeli smartphone gaming. Faktanya, tidak demikian dengan ROG Phone 3 ini. Smartphone ini ternyata memiliki kamera yang sangat unggul dan sama sekali tidak main-main.

 

Lensa utamanya memiliki resolusi 64 MP ditambah dua lensa pendukung yaitu ultra wide 13 MP dan kamera makro 5 MP. Kamera ultra wide-nya juga bisa menangkap panorama dengan luas sudut mencapai 125 derajat. Bagi saya cukup mengejutkan untuk smartphone yang sebenarnya tidak fokus pada aspek fotografi.

 

Saya juga sangat tertarik dengan kualitas kamera depannya. Lensa selfie di smartphone ini memiliki resolusi sebesar 24 MP. Walaupun sama seperti seri sebelumnya, namun lensa selfie ini sudah lebih dari cukup untuk saya yang lumayan senang mengabadikan foto. 

 

ASUS ROG Phone 3 juga proper untuk dipakai nge-vlog. Betapa tidak, smartphone ini sudah mendukung perekaman hingga 8K dengan frame rate di 30 FPS. Hebatnya lagi, ROG Phone 3 juga bisa merekam dengan frame rate di 120 FPS dalam mode perekaman 4K. Kebetuhan fotografi dan videografi sepertinya terpenuhi dengan baik pada smartphone gaming ini.

 


Dari segi desain, aura gaming di ROG Phone 3 mungkin sedikit "dikurangi dari dua seri sebelumnya. ROG Phone 3 ini terkesan lebih santuy karena aksen garis-garis tajam yang menonjol dibagian punggungnya sudah dihilangkan. Namun, ciri khas LED logo ROG pada bagian punggung tetap dipertahankan, ditambah material yang digunakan untuk punggung dan mukanya sudah memakai Gorilla Glass sehingga lebih solid.

 

Suka atau tidak dengan desainnya sih tergantung selera masing-masing. Namun, bagi non-gamer seperti saya, smartphone ini tak sekadar menawarkan aura gaming saja, tetapi juga memberikan kesan flagship yang mewah dan elegan. Toh, dari sisi spek, ROG Phone 3 juga lebih garang dari dua seri sebelumnya.


ASUS ROG Phone 3: The Real Sultan Smartphone

Jeroannya juara, fitur-fiturnya unggulan, tampilannya pun sangat premium. Tentu harganya juga bikin kantong sebagian orang jadi insecure. Kira-kira, berapa harga yang pantas untuk smartphone gaming ini?

 

asus rog phone 3

 

Yap, ASUS ROG Phone 3 dijual dengan dengan harga Rp 10 juta untuk varian 8 GB/128 GB dan Rp 15 juta untuk varian 12 GB/256 GB. Terbilang mahal, memang. Namun mengingat ROG Phone 3 ini masuk ke dalam kelompok smartphone flagship yang ada di pasar Indonesia, tentunya tetap sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

 

Satu yang pasti, ASUS ROG Phone 3 sudah begitu proper untuk dipakai oleh pro player sekalipun. Seorang hardcore gamer juga pasti ngiler melihat kemampuan yang ditawarkannya. Bagi casual gamer atau yang bukan gamer sekalipun, smartphone ini akan memberikan pengalaman ke level yang selanjutnya. Ini adalah smartphone yang dirancang khusus untuk The Real Sultan di luar sana.

 

Jadi, apakah ASUS ROG Phone 3 layak untuk dibeli? Tinggalkan komentarnya di bawah, ya! 


asus rog phone 3

 

Referensi:

  • asus.com/id/Phone/ROG-Phone-3
  • kicauanvina.com/2020/09/blogger-writing-competition-asus-rogphone3-the-ultimate-winner
  • gamely.blog/2019/04/12/tipe-tipe-gamer-yang-wajib-kamu-ketahui
  • nextren.grid.id/amp/012284184/jumlah-gamer-indonesia-tumbuh-masa-depan-cerah-buat-industri-esports
  • solopos.com/pengguna-ponsel-meningkat-industri-game-mobile-indonesia-tumbuh-pesat-1074129
  • carisinyal.com/kelebihan-dan-kekurangan-asus-rog-phone-3
  • selular.id/2020/06/asus-rog-phone-3-cetak-skor-antutu-tinggi/
  • medcom.id/teknologi/news-teknologi/lKYx2dVk-spesifikasi-asus-rog-phone-3-di-indonesia-harga-rp9-juta-dan-rp14-juta
  • selular.id/2020/09/asus-rog-phone-3-hadir-di-indonesia-ini-dia-aksesorisnya/amp/
  • medcom.id/teknologi/review/Dkq7mZnN-review-asus-rog-phone-3-tetap-jadi-smartphone-gaming-idaman

 

 

14 Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

  1. HP gamers, baterainya harus badak ya mas. Hahaha. Saya dulu sempat mikir kekurangan hp Asus itu adalah gampang banget over heat. Cepat panas. Tentunya di hp khusus nge-game versi terbaru ini gak gitu ya.

    BalasHapus
  2. Hpnya bagus bangeeettt. Jadi pengen punya satu. Sholawatin dulu ah siapa tau rejeki

    BalasHapus
  3. Ponselku minder lihat spek-nya, dewa banget. Chipset sekenceng itu, nggak heran harganya sultan banget. Dari dulu pengen punya satu device ROG, kayaknya nabung kudu makin dikuatin nih

    BalasHapus
  4. Duh, gak bisa komen deh kalau ASUS ROG Phone. Beberapa kali ikut acara launching-nya pas jaman belum pandemi, walhasil cuma melongo aja saking keren banget spesifikasinya. Beneran HP Sultan!

    BalasHapus
  5. ASUS ROG Phone 3 bener-bener bikin pengen. Gamers kudu punya nih

    BalasHapus
  6. asus makin keren aja, dulu waktu pertama android nya keluar masih biasa aja. sekarang mah widiihhh. saya juga bukan gamers sih tapi kalai liat spek nya sekeren itu, saya juga pengen, apalagi kameranya nyampe 64mp. mantap deh

    BalasHapus
  7. Pernah dapat cerita dari suami teman yang masuk kategori hardcore gamer. Kalau beli gadget buat ngegame memang ga main-main. Karena memang berpengaruh ke keasyikan dan pengalaman yang diperoleh selama ngegame. Nggak heran, harga perangkatnya juga mahal. Karena speknya memang beda, seperti ROG Asus ini

    BalasHapus
  8. Handphone nya keren..klo sy punya pasti bisa buat nonton drakor seharian secara saya ga suka main game wkwkw semoga menang ya kak

    BalasHapus
  9. Wow harganya membuatku terbelalak, hehehe. Memang sih ada harga ada kualitas ya. Hhmm sepertinya para gamer ga akan nolak diberi asus ini, hehehe.

    BalasHapus
  10. Haha makasih udah menjelaskan tentang tipe2 gamer ya Bg Irsyad... Saya termasuk tipe casual gamer deh... main game cm buat asik2 aja, ngisi waktu luang, hihi... tp kl saya br main level 1 udah diminta gantian ama anak. Keren deh Asus Rog Phone 3 nya yaa

    BalasHapus
  11. aduh keren banget sih wishlist banget ya kak. good luck..tapi aku sebagai mamak2 menghindari hape ini dipake para bapak2 deh bisa makin betah dah sama hape hihi

    BalasHapus
  12. Hape idaman banget ini kak, apalagi buat suami aq yang hobi game. Bisa2 lupa waktu saking senengnya

    BalasHapus
  13. Aku bukan gamer. tapi kalau liat ponsel ala sultan gini, ya ngiler juga. keren ei..

    BalasHapus
  14. Ok..baru tau ROG itu Republic Of Game... maklum bukan gamers kak... btw pantes aja mahal... dalemannya juga ciamik.. mulai dari ram yg gede... terus... banyak lagi...

    BalasHapus

Posting Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

Lebih baru Lebih lama