irsyadmuhammad

www.irsyadmuhammad.com

mainbasket.wordpress.com

 

Di Indonesia, olahraga bola basket mungkin tidak setenar olahraga sepak bola. Pun kita tahu, sepak bola saat ini adalah olahraga paling digemari di dunia. Saya juga menggemari olahraga menendang bola yang satu ini. Tapi, bukan sepak bola pula lah yang ingin saya bahas sekarang. Sekarang saya ingin membahas tentang olahraga bola basket. 

 

Sejujurnya saya tidak terlalu paham soal bola basket. Di Indonesia pun basis penggemarnya juga lebih sedikit dari sepak bola. Setahu saya, olahraga bola basket adalah olahraga yang paling populer di AS (Amerika Serikat). Sebaliknya, di AS, olahraga bola basket jauh lebih populer dari sepak bola.

 

Jika warga dunia penggemar sepak bola mengenal beberapa liga ternama seperti Premiere League, La Liga, atau Serie A, maka warga dunia penggemar bola basket memiliki NBA. Ya, NBA atau yang kepanjangannya adalah National Basketball Association adalah liga bola basket pria di AS sekaligus yang paling terkenal di dunia.

 

NBA & Popularitas Olahraga Bola Basket di Tanah Air

 

AS memang kiblat bola basket dunia. Atlet terbaik dunia pasti bermain di sana. Penggemarnya di Indonesia pun tak tanggung-tanggung. Saya mengenal banyak teman yang penggemar bola basket dan selalu mengikuti perkembangan liga bola basket yang ada di sana. Sama halnya jika seseorang sudah menggemar sepak bola sejak lama.

 

Dari beberapa sumber yang saya dapat, penggemar olahraga basket di Indonesia terus meningkat. Penikmat NBA di tanah air misalnya, menurut Scott Levy yang merupakan Managing Director NBA Asia, sekarang memiliki popularitas yang meningkat tajam jika dilihat dari jumlah penonton dan pengikut media sosial.

 

Khusus siaran pertandingan NBA di Indonesia pun sudah ada. Penggemar olahraga bola basket tanah air bisa menyaksikan 180 pertandingan terbaik secara langsung lewat Streaming NBA dari vidio.com. Lewat vidio.com, grafik penonton NBA di Inonesia naik 30 persen pada NBA Finals 2019 lalu.

 

Selain menyiarkan pertandingan NBA secara langsung di Indonesia, pihak NBA juga terus berusaha memanjakan penggemar olahraga bola basket dengan menghadirkan konten media sosial resmi berbahasa Indonesia. Untuk menjangkau penggemar secara langsung, pecinta NBA juga bisa membeli marchendise dari NBA secara online di toko online resmi NBA.

 

Sama halnya dengan bintang sepak bola dunia yang kerap berkunjung ke Indonesia, bintang bola basket dunia pun juga melakukan hal yang sama. Beberapa legenda bola basket NBA yang top seperti Sam Perkins, Trevor Ariza, Marvin Williams, Jaylen Brown dan lainnya beberapa tahun yang lalu pernah mengunjungi Indonesia serta bertemu dengan penggemarnya.

 

Saya sendiri berharap, semoga usaha yang dilakukan oleh NBA untuk mempopulerkan olahraga basket di Indonesia bisa berjalan sukses. Betapa tidak, bukan saatnya lagi untuk penggemar antar cabang olahraga saling mengejek. Justru, harus saling mendukung.

 

Rasanya indah juga jika penggemar olahraga di Indonesia bisa semakin beragam. Sebelumnya kita tahu bahwa sepak bola adalah yang paling populer di Indonesia, selanjutnya juga ada bulutangkis yang tentu saja menyumbangkan banyak prestasi untuk Indonesia. Setelah ini, semoga nama olahraga basket juga akan lebih meluas lagi ke seluruh penjuru tanah air.

 

Bukan tidak mungkin jika olahraga bola basket makin terkenal di Indonesia, akan semakin banyak juga bibit-bibit atlet basket yang akan lahir. Bukan tidak mungkin juga, suatu saat liga bola basket di Indonesia juga mendunia. Atau, bukan tidak mungkin akan terlahir atlet basket dari Indonesia yang bisa main di liga bola basket sekelas NBA dan menyumbang prestasi untuk bangsa.

 

Referensi:

  • idntimes.com/sport/arena/ilyas-listianto-mujib-1/eksklusif-nba-kami-siap-kepakkan-sayap-bisnis-di-indonesia
  • cabocanada.org/mengenal-nba-lebih-dalam/

Post a Comment

Sila tinggalkan komentarnya.

Lebih baru Lebih lama