irsyadmuhammad

www.irsyadmuhammad.com

Setiap orang butuh untuk terus mengembangkan dirinya. Entah itu untuk urusan sekolah atau pekerjaan, yang namanya hidup, pasti nggak boleh gini-gini aja. Betul tidak? 

 

Maka tidak heran kalau sejak dulu pun kita selalu mengenal yang namanya bimbingan belajar (untuk anak sekolah), kelas-kelas untuk meningkatkan skill, hingga beragam pelatihan atau seminar berbayar yang diadakan pada waktu tertentu saja. Kegiatan semacam itu muncul karena kita tidak merasa cukup untuk selalu bergantung pada pendidikan formal yang kita jalani.

 

Sayangnya, pandemi Covid-19 sekarang ini membuat kita tidak bisa lagi leluasa mengikuti kegiatan-kegiatan semacam itu. Jangankan kegiatan-kegiatan pengembangan diri yang saya sebutkan sebelumnya, sekolah saja sampai saat ini masih belum bisa berlangsung secara tatap muka.

 

Sejalan dengan hal itu, saya memang sudah lama ingin mengikuti beberapa kelas pengembangan diri yang khusus membahas seputar dunia kepenulisan, terutama content writing. Bukannya tanpa alasan, sebab sejak tahun 2019 saya mulai serius menerjunkan diri saya sebagai blogger sekaligus content writer freelance. Sampai sekarang, tentu saja. 


 

Cerita bermula pada bulan Maret tahun 2020 atau setahun yang lalu, ketika saya mulai mengetahui keberadaan Skill Academy dari Ruangguru sebagai penyedia berbagai kelas online untuk meningkatkan technical & soft skill di berbagai bidang. Menurut keterangan yang saya dapatkan, diketahui kalau Skill Academy akan sangat cocok untuk segala kalangan baik itu mahasiswa, profesional, hingga kalangan umum sekalipun.


Semakin saya cari tahu lebih dalam, semakin saya tertarik untuk mengikuti kelas atau pelatihan dari Skill Academy. Ternyata Skill Academy memang menyediakan Kelas Online Bersertifikat yang butuhkan seperti kelas Content Writing, Copywriting, hingga SEO (Search Engine Optimization). Kebetulan pula kasus pandemi Covid-19 di Indonesia mulai bermunculan di Maret tahun lalu, membuat saya semakin yakin kalau ikut kelas di Skill Academy adalah jalan terbaik satu-satunya untuk pengembangan skill saya.


Dua kelas langsung saya ambil kala itu. Kelas pertama yang saya ambil berjudul SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google. Hebatnya, kelas tersebut dipandu langsung oleh orang yang sudah terjamin kepakarannya yaitu Ilman Akbar yang merupakan Product Manager dari Traveloka. 

 

Kelas kedua yang saya ikuti adalah Kuasai Teknik Storytelling dan Creative Writng untuk Non-Fiksi, yang dipandu oleh Meutia Azzura yang merupakan content writer sarat pengalaman. Kedua kelas tersebut saya lahap habis selama kurang 4 hari atau kurang dari satu minggu.


Mengapa bisa secepat itu? Apa saya ilmunya bisa saya serap dengan baik? Begini. Di Skill Academy, kelas yang disediakan berupa video yang dibagi dalam beberapa segmen. Satu segmen biasanya berisi video berdurasi 2-3 menitan, itupun dibagi dalam beberapa materi atau topik lagi. Metode belajar seperti itu membuat saya lebih fokus dan lebih cepat dalam memahami materi. Bayangin saja kalau materi per videonya berdurasi sangat panjang, pasti sangat membosankan dan membuat saya sulit untuk memahaminya.


Selain metode belajar yang mudah dipahami seperti itu, instruktur yang membawakan materi juga sangat piawai. Penyampaiannya ringan, tapi yang disampaikan bukanlah sesuatu yang abal-abal. Saya serasa sedang mengikuti kelas atau pelatihan dengan kualitas bintang 5. Untuk lebih menguatkan pemahaman, juga ada fitur Exam dan Pre-Exam setelah kita mengikuti masing-masing kelas. Wajar saja jika saya bisa menghabiskan dua kelas sekaligus dalam beberapa hari saja. 

 


 

Setelah seluruh topik/materi dan Exam selesai, saya lalu diberikan sebuah sertifikat khusus. Sertifikat tersebut bisa diunduh secara langsung dan tentunya bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Saya semakin tersanjung. Selain dapat ilmu, saya juga mendapatkan bukti yang menunjukkan bahwa saya telah mengikuti kursus untuk menambah skill baru pada diri saya. Tidak sampai di situ, saya juga masih bisa mengakses seluruh materi yang sudah pernah saya iktui kapan pun saya mau.

 

Oh iya, buat kalian yang merupakan peserta Kartu Prakerja dari pemerintah, kalian bisa lho untuk daftar kelas Prakerja dari Skill Academy. Beragam kelas menarik bisa diikuti mulai dari kelas wawancara kerja hingga kelas atau pelatihan berbisnis. Selain itu peserta nantinya juga akan mendapatkan bimbingan karir gratis melalui grup Facebook atau Telegram. Di grup tersebut akan dibagikan bermacam info lowongan pekerjan, bimbingan menyusun CV, hingga sesi interaktif dengan HR secara langsung.




Saya sendiri sudah membuktikan kualitasnya. Buat yang belum pernah, maka jangan ragu untuk mengikuti kelas atau pelatihan online dari Skill Academy ya. Terlebih di masa pandemi sekarang ini, menambah wawasan dan skill baru jadi lebih mudah karena Skill Academy bisa diakses cuma bermodalkan laptop atau ponsel saja. Jadi, tunggu apalagi?

 

 





 

 





4 Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

  1. kelas kita untuk teknik storytelling nonfiksi sama bang, saya juga ambil kelas itu :))

    pembelajaran dari skill academy emang mudah banget dipahami baik dari navigasi aplikasi dan materi pembelajarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, saya juga. Kalau ada diskon atau dpt vocher, rasanya sayang banget dilewati kelas dr skill academy ini

      Hapus
  2. Waaaww tenryata Mas Irsyad pernah ikut kelasnya toh. Saya juga ikut di kelas belajar SEO Skill Academy mas toss dulu lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mas. Kelasnya berguna banget, pingin ikut lagi hehe

      Hapus

Posting Komentar

Sila tinggalkan komentarnya.

Lebih baru Lebih lama